Alvina Haryadi, Mengenai Golden Cakes

Alvina Haryadi, pemilik Sweet Escape Pastry berbincang dengan team BARECA Magazine mengenai cake bernuansa dan beraksen emas. Menurutnya, cake dengan sentuhan emas mulai menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Berikut pemaparannya mengenai cake bernuansa emas:

  1. Cake bernuansa emas atau yang ada sentuhan emasnya menjadi tren karena penampilannya yang menarik dan terlihat sangat mewah dan elegan. Umumnya pengaplikasian gold series seperti gold dust, gold leaf, gold spray, gold glitter diterapkan pada cake untuk momen perayaan karena akan semakin menambah semarak perayaan tersebut. Harga cake yang mahal juga membuat gold cake tidak menjangkau semua kalangan.
  2. Jika menggunakan gold dust, alangkah baiknya jika bubuk emas tersebut dicampurkan dengan alkohol yang khusus untuk makanan, diaduk-aduk hingga menjadi kental. Jika belum mengental, saat mengaplikasikan gold dust tersebut ke cake hasilnya hanya akan terlihat transparan atau samar-samar warna emasnya, warnanya menjadi tidak menempel dengan sempurna di cake
  3. Jika langsung mengaplikasikan gold dust di cake tanpa dicampur akohol, maka serbuk emasnya akan sulit menempel di cake.
  4. Cake yang diaplikasikan gold dust lebih baik tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin karena akan meleleh saat dikeluarkan. Lebih baik di suhu ruangan saja agar gold dust tetap kering.
  5. Menggunakan gold dust akan menciptakan tekstur yang lebih halus ketimbang menggunakan gold glitter.
  6. Jika menggunakan gold leaf, diperlukan perhatian lebih saat mengaplikasikannya karena gold leaf itu seperti lembaran yang sangat rapuh. Saat menempelkan gold leaf ke cake harus ekstra hati-hati dan ditempelkan dengan kuas yang sangat lembut.
  7. Hasil akhir yang didapat jika menggunakan gold leaf yaitu nuansa gold-nya akan terlihat seperti kertas lecek/kusut, namun sebenarnya sangat artistik.
  8. Gold spray juga dapat digunakan untuk memberikan nuansa emas pada cake. Hanya saja harganya cukup mahal dan digunakan dalam jumlah yang cukup banyak.
  9. Saat menggunakan gold spray harus memperhatikan jarak semprot, jangan terlalu jauh maupun terlalu dekat karena akan mengakibatkan warna emasnya hanya akan berkumpul di satu sisi. Jangan lupa menaruh alas di bawah cake jika ingin menggunakan gold spray.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Kanno Sardella dan dok. Sweet Escape Pastry

Leave a Reply