Chef Enggie Angga Kusumah, Tentang Striking Color Cake & Pastry

Di BARECA MAGAZINE edisi September 2018 ini, pastry chef  The Mandarin Cake Shop di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, berbagi opininya mengenai striking color cake & pastry, termasuk trennya saat ini, dilengkapi informasi mengenai tips singkat pengolahan cake & pastry yang menggunakan pewarna makanan. Berikut informasi yang telah disusun :

  • Striking color cake & pastry dapat dikatakan sebagai tren pastry yang kembali populer, mengikuti trennya dulu di awal tahun 2013. Pada saat itu, teknik glazing atau glacage menjadi tren di pastry. Teknik glazing adalah teknik melapisi bagian luar cake atau entremet dengan warna terang dan mencolok sehingga menarik perhatian untuk dilihat dan dicoba.
  • Pemilihan warna dengan konsep striking color dapat menunjukkan identitas dari rasa atau komponen bahan dari cake/pastry itu sendiri. Striking color banyak dipilih oleh para pastry chef terkenal dunia dalam produk mereka. Tren ini sangat cepat berkembang dan akhirnya diminati di beragam cake shop di Jakarta dan di kota-kota besar di Indonesia lainnya.
  • Warna-warna yang saat ini tengah diminati untuk diaplikasikan dalam produk cake & pastry meliputi flashing bright color, seperti hijau muda, merah, kuning muda, ungu dan pink.
  • Untuk menjaga konsistensi warna pada cake/pastry yang dipangang dan dibekukan, salah satunya menggunakan micro scale dengan satuan gram terkecil untuk mengukur jumlah pewarna yang akan digunakan.
  • Sebaiknya mencari warna yang diinginkan, terlebih dahulu, dengan melarutkannya ke dalam air atau mentega cair, sebelum menggunakannya langsung dan sebaiknya dilakukan secara bertahap.
  • Pewarna makanan banyak ragamnya, ada yang cair, bubuk, pastegel, maupun natural. Saat membuat cake & pastry dengan menggunakan pewarna makanan, aplikasikan pewarna makanan yang digunakan sesuai dengan jenisnya.
  • Dalam membuat cake & pastry dengan konsep striking color, sebaiknya memperhatikan bahan atau komponen makanan itu sendiri. Seharusnya warna pada cake & pastry tersebut menunjukkan identitas dari bahan inti dari produk yang dibuat. Misalkan cake & pastry yang terbuat dari mangga ditampilkan dalam warna kuning terang, atau ungu, untuk cake & pastry yang terbuat dari ubi ungu
  • Sebaiknya menghindari warna-warna yang tidak terkandung dalam bahan makanan seperti warna biru muda atau biru tua. Walau terlihat cantik dan mengundang perhatian, namun biru tidak mencerminkan bahan makanan atau warna buah-buahan yang sering kita temui. Ada kemungkinan orang akan menghindari untuk memakannya.

Penulis : Dewi Sri Rahayu
Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply