Chef Feri Sulfian, Cake with Edible Gold

Beberapa waktu yang lalu, BARECA Magazine berkesempatan berbincang dengan Chef Feri Sulfian, Pastry Chef Pullman Jakarta Indonesia. Chef Feri sudah berkecimpung di dunia pastry sejak tahun 2002. Chef yang pernah menjadi pastry chef di Dubai ini, tak segan membagikan pendapatnya mengenai cake with edible gold, berikut pemaparannya:

  • Edible gold adalah emas asli yang diproses menjadi gold leaf, gold dust, gold flakes maupun gold spray. Penggunaan elemen emas pada makanan tidaklah berbahaya jika edible gold tersebut sudah dinyatakan food grade. Namun, meski dinyatakan tidak berbahaya, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena tidak dijumpai adanya manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
  • Menggunakan edible gold pada cake tidak akan memberikan pengaruh secara rasa dan aroma. Edible gold hanya memberikan pengaruh pada tampilan cake tersebut yang bisa menjadikan cake menjadi sangat menarik dan berkesan mewah.
  • Umumnya pengaplikasian elemen emas pada cake hanya dilakukan pada bagian luar cake untuk menambah nilai dari cake tersebut. Sangat jarang ditemukan adanya penggunaan elemen emas pada layer cake atau isian cake walaupun kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.
  • Penggunaan gold leaf sebaiknya digunakan di tahap akhir dalam menghias kue karena tekstur gold leaf sangat rapuh. Saat mengaplikasikannya harus ekstra hati-hati, bisa menggunakan kuas khusus yang lembut atau gold leaf ditempelkan dengan menggunakan jari tangan.
  • Dapat pula gold leaf yang berupa lembaran emas inilangsung ditempelkan ke bagian cake yang akan dihiasi dengan gold leaf, hal ini tergantung dari kreasi chef itu sendiri.
  • Gold leaf sebaiknya disimpan di suhu ruangan dengan suhu berkisar 25° Celsius atau ditempatkan dalam wadah yang kedap udara.
  • Gold flakes adalah serpihan-serpihan emas yang teksturnya hampir menyerupai gold leaf. Jika gold leaf berupa lembaran emas, lain halnya dengan golf flakes yang berupa serpihan emas yang pengaplikasiannya dengan ditaburkan ke atas cake.   
  • Gold dust sebaiknya dicampurkan dengan alkohol yang kandungannya 70%, dapat pula digantikan dengan menggunakan vodka. Tuangkan alkohol sedikit demi sedikit sambil diaduk dan segera diolesi ke cake sebelum pastanya mengental. 
  • Jika jenis permukaan dan tekstur cake mudah berubah, sebaiknya saat mengaplikasikan gold dust tidak dilakukan dengan cara dioles melainkan dengan ditabur saja ke atas cake. Ini untuk menjaga bentuk cake tidak menjadi berubah atau rusak.
  • Menyimpan serbuk emas sebaiknya di wadah yang kedap udara supaya tidak ada udara yang masuk yang dapat merubah tekstur serbuk menjadi menggumpal. 

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply