Chef Gustaf Widyanto, Tentang Cake dengan Aplikasi Kopi

Berbicara mengenai cake with coffee applications, ada begitu banyak hal menarik yang dapat dibahas mulai dari varian cake-nya hingga hal-hal apa saja yang harus diperhatikan guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam rasa dan tekstur cake with coffee applications.

Ditemui di sela-sela kesibukannya, Chef Gustaf Widyanto, Pastry Chef Hotel Mercure Jakarta Sabang, tak segan membagikan opininya mengenai cake with coffee applications kepada BARECA Magazine, sebagai berikut:

  • Cake with coffee applications mulai digemari seiring dengan menjamurnya berbagai kedai kopi di Indonesia. Menyeruput kopi menjadi salah satu cara untuk menikmati waktu santai di sela-sela aktivitas. Guna melengkapi kebiasaan minum kopi tersebut, tren cake with coffee applications mulai muncul sebagai pairing yang tepat.
  • Ada begitu banyak varian cake with coffee applications, beberapa diantaranya yang terkenal adalah opera cake dan tiramisu cake. Untuk jenis opera cake, sangat cocok dipadukan dengan minuman kopi jenis Americano coffee. Rasa kopinya yang pahit jika dipadu dengan manisnya opera cake akan membuat rasanya menjadi balance.
  • Untuk mendapatkan hasil dan rasa opera cake yang maksimal, lapisan buttercream yang dibuat menggunakan campuran putih telur (Italian meringue buttercream), harus dibuat di hari yang sama supaya fresh dan teksturnya tidak berubah.
  • Untuk membuat meringue yang diperlukan dalam pembuatan opera cake, mixing bowl harus kering dari air karena sedikit saja kadar air yang bercampur dengan putih telur akan membuat adonan cake menjadi tidak mengembang dengan sempurna. Lalu, adonan diaduk dengan kecepatan medium supaya teksturnya smooth dan tidak kering. Jika diaduk dengan kecepatan di atas medium, saat dimasukkan bubuk almond, tekstur adonan menjadi kurang bagus.
  • Guna menjaga kualitas rasa dan tekstur cake with coffee applications, jika diletakkan pada suhu ruangan, sebaiknya tidak lebih dari 6 jam dan 5 hari jika disimpan di-chiller.

Penulis : Linda Endyanto

Fotografer : Hendri Wijaya

 

Leave a Reply