Chef Lee Chang Hwan, Tentang Varian Sup Korea dan Karakteristiknya

  1. Samgyetang, yaitu sup ayam ginseng yang berisikan seekor ayam utuh yang isi perutnya telah dikeluarkan dan dimasukkan nasi ketan. Samgyetang ciri khasnya adalah kuahnya bening, menggunakan bumbu khas Korea yaitu ginseng, jujube yang mirip dengan kurma, kacang kastanye, bawang putih, jahe, daun bawang yang semuanya memiliki khasiatnya masing-masing.
  2. Ot Gyetang, yaitu sup daging ayam yang kuahnya menggunakan akar pohon sumac atau ot yang dicincang, digoreng dan diberi garam. Jika dibandingkan dengan Samgyetang, Ot Gyetang aroma kuahnya lebih kuat karena menggunakan tanaman obat.
  3. Dak Gomtang, yaitu sup ayam yang dididihkan selama 12 jam untuk mendapatkan tekstur daging ayam yang lembut dan rasa kaldu yang kental. Kaldu yang dimasak selama 12 jam membuat warna sup ini agak putih. Sup Dak Gomtang dilengkapi dengan ayam suwir, tauge, daun bawang, jahe.

    Dak Gaejang
  4. Dak Gaejang, yaitu sup ayam pedas yang rasa kaldunya didapat dari sumsum sapi yang dimasak selama 12 jam demi mendapatkan kekentalan rasa kaldunya. Bumbu yang digunakan yaitu bawang putih, minyak wijen, garam Korea, daun bawang, bubuk cabai, dan Sup ini menggunakan daging ayam yang sudah disuwir.

Leave a Reply