Chef Matsuzaki Mitsuhiro, tentang Japanese Seafood dan Trennya

Chef Matsuzaki Mitsuhiro, Executive Chef Ebisuya, yang telah 5 tahun menetap di Indonesia, beberapa waktu lalu berbincang dengan BARECA Magazine mengenai Japanese seafood serta tren Japanese food di Indonesia. Berikut pemaparannya:

  1. Japanese seafood selalu mengutamakan penggunaan bahan yang berkualitas baik. Ini dilakukan supaya taste dari seafood-nya itu sendiri lezat saat dimakan. Lebih baik menggunakan seafood yang masih fresh supaya rasanya lebih maksimal.
  2. Japanese seafood aman dikonsumsi karena menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengandung begitu banyak kandungan vitamin dan protein seperti vitamin A, B1, B2, B3, D, E, Omega-3 DHA & EPA, protein, zat besi dan kalsium.
  3. Umumnya Japanese seafood tidak menggunakan bahan yang terlalu banyak jenisnya atau aromanya strong dan takaran bumbu yang digunakan secukupnya saja. Kenapa? Karena penggunaan bahan dan bumbu yang berlebihan akan mengurangi rasa asli dari seafood-nya.
  4. Bumbu yang umumnya digunakan seperti soy sauce, sake, garam, dan dashi (kaldu bubuk Jepang).
  5. Jika seafood tersebut di-grill, lebih baik di-grill dengan durasi waktu 5-7 menit tergantung dari jenis seafood­-nya. Untuk mengetahui tingkat kematangannya, dapat dilihat dari warna serta teksturnya.
  6. Orang Indonesia saat ini semakin memiliki wawasan yang luas mengenai Japanese food, terlebih sudah banyak orang Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai salah satu negara destinasi favorit Saat menikmati Japanese food mereka secara tidak langsung juga mengenal jenis-jenis makanannya serta bahan yang digunakan.
  7. Orang Indonesia juga cenderung memiliki perasaan jatuh hati dengan Japanese food yang kebanyakan adalah menu makanan yang masih mentah tapi fresh. Namun pada dasarnya Japanese food terutama Japanese seafood tidak menggunakan bumbu yang berlebihan sehingga disukai oleh kalangan dari berbagai usia.

 

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

 

 

 

 

 

Leave a Reply