Chef Nina Bertha, Tentang Penggunaan Edible Gold

Pada edisi Januari 2019 ini, BARECA Magazine berbincang dengan Chef Nina Bertha, Pastry Chef di Electrolux, mengenai edible gold. Chef Nina melihat trend aplikasi edible gold sebagai sebuah trend yang sangat klasik, tampilan dari edible gold pun menawan dan mampu memikat hati penikmat dan pembuat produk cake, pastry, atau es krim. Sebagai seorang pastry chef, tujuan pemakaian edible gold pada produk pastry adalah memberikan kemudahan untuk menampilkan kesan mewah.

Chef Nina pun memberikan beberapa pengetahuan mengenai edible gold:

  • Edible gold adalah emas murni yang tidak berbahaya jika dikonsumsi, bentuknya berbagai macam salah satunya dalam bentuk lembaran. Emas ini dikategorikan sebagai “edible” karena tidak mengandung racun dan tidak diserap oleh tubuh.
  • Edible gold yang dipakai dalam produk pastry adalah emas 22 karat dan 24 karat, karena pada jenis ini adalah emas murni yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia.
  • Jenis edible gold ada beberapa macam:
    • Edible gold leaf: lembaran emas tipis dan aplikasinya mudah, bisa langsung ditempelkan pada produk pastry.
    • Edible gold flakes: sejenis dengan gold leaf hanya bentuknya pecah-pecah. Karena bentuknya tidak utuh maka aplikasinya bisa dengan pinset dengan cara diambil perlahan lalu ditempelkan ke produk pastry.
    • Edible gold dust/gold lustre dust: jenis edible gold berbentuk bubuk dan mudah ditemui di pasaran atau cake shop. Aplikasinya dapat menggunakan brush, dan langsung di-brush ke atas produk. Jika ingin warna yang lebih intens, gold dust/gold lustre dust ini dapat dicampur dengan edible alcohol atau lemon juice. Bubuk ini cenderung menghasilkan warna yang metallic.
  • Edible gold dapat digunakan sebagai elemen di dalam pastry tapi tidak akan dirasakan penikmatnya karena edible gold tidak memiliki rasa dan aroma sama sekali. Maka edible gold lebih sering digunakan sebagai dekorasi untuk menambah kesan mewah.
  • Penggunaan edible gold tentunya akan menambah cost bagi pengusaha bakery, namun penggunaannya dapat disesuaikan dengan pangsa pasardari usaha tersebut.
  • Edible gold disimpan dalam kemasannya di tempat yang teduh dan kering, lalu jika produk pastry memakai edible gold, maka penyimpanannya menyesuaikan dengan jenis produk pastry tersebut.

Penulis: Alvina Wikarna

Leave a Reply