Exquise Patisserie, Terapkan Kesukaan pada Dessert ke Bisnis

Berawal dari kesukaan pada dessert, Andrye Setiawan selaku pimpinan Exquise Patisserie membuka Exquise Patisserie pada tahun 2014. Exquise Patisserie ini awalnya adalah usaha daring @exquisepatisserie, namun dengan berjalannya waktu dan hadirnya respon positif dari konsumen, Andrye memutuskan untuk memperluas usahanya dengan membuka gerai di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Tepatnya berada di Rumah Cokro, Menteng, gerai Exquise Patisserie dibuka pada tahun 2015. Pada awalnya, Exquise Patisserie hanya menyajikan cake dan minuman saja. Seiring berjalannya waktu, menu lain seperti croissant, quiche, dan light meals ditambahkan.

Exquise Patisserie menjual dessert dan pastry dengan konsep French Patisserie yang berdasarkan pada café-café yang ada di Prancis. Exquise Patisserie ini biasa dikunjungi oleh anak muda dan ibu-ibu muda pada jam-jam tertentu seperti saat jam anak-anak sekolah. Sampai saat ini, usaha daring Exquise Patisserie masih berjalan dan menyediakan layanan delivery di area Jabodetabek.

 

French Pastries

Exquise Patisserie menjual berbagai jenis French Pastries, nama-nama cake-nya pun berdasarkan nama Prancis, seperti Pierre, Dominique, Antoinette, dan Adeline. Ada 3 kategori cake yang dijual, yaitu Entremet yaitu cake dengan mousse yang sarat dengan permainan tekstur dan rasa, Gateau yaitu cake yang sebagian besar menggunakan buttercream, dan Travel Cake yaitu cake yang dapat dibawa berpergian.

Antoinette

Travel cake ini lebih tahan lama dibandingkan jenis cake lainnya yang disajikan. Croissant dan Quiche juga merupakan best seller pastry dari tempat ini. Semua jenis cake dan pastry dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang berkualitas.

 

Petits Fours dan Petit Gateau

BARECA Magazine juga berkesempatan berbincang dengan Chef Teddy, Pastry Chef Exquise Patisserie. Menurut Chef Teddy, dalam membuat petits fours dan petit gateau, hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah suhu dari glaze. Petit Gateau dari Exquise Patisserie banyak menggunakan mousse sehingga suhu dari glaze tidak boleh terlalu panas.

Dominique

Chef Teddy juga mengatakan bahwa ukuran dari Petits Fours adalah 2×5 cm (one bite size), sementara untuk Petit Gateau adalah 3×10 cm dan disajikan pada acara tertentu seperti pesta. Petits fours tidak hanya berbentuk cake, bisa dalam bentuk cokelat, choux, tart atau cake kecil lainnya.  Makanan savory seperti mini quiche atau sandwich juga bisa disajikan sebagai petits fours.

 

Petit Gateau

Ada 15-16 macam petit gateau atau small cake yang disediakan Exquise Patisserie, contohnya adalah Pierre, salah satu best seller Petit Gateau. Pierre menggunakan flourless sponge sebagai base-nya.

 

Paduan dari dark chocolate mousse dan passion fruit curd memberikan rasa yang imbang dan ringan di mulut. Lalu ada Antoinette; menurut Chef Teddy, Antoinette merupakan petit gateau yang unik karena perpaduan strawberry, raspberry, dan bunga kecombrang (ginger flower). Wangi dari bunga kecombrang dengan lapisan raspberry jelly dan strawberry mousse membuat cake ini terasa segar.

 

Karena pangsa pasar dari Exquise Patisserie adalah golongan menengah ke atas, di mana mereka mulai concern terhadap makanan yang dikonsumsi, maka Chef Teddy membuat beberapa pilihan gluten free dan less sugar cakes. Contohnya adalah Dominique dan Adeline. Dominique adalah sejenis mousse cake dengan glutenfree sponge di dalamnya, sedangkan Adeline adalah cheesecake yang menggunakan gula rendah kalori.  

 

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply