JIPREMIUM 2018: 220 Peserta Pameran Pamerkan Produk-Produk Premium

Jakarta, 22 November 2018 – Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM 2018) merupakan pameran dagang untuk memamerkan produk premium dengan kualitas ekspor untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. JIPREMIUM 2018 dibuka hari ini (22/11) di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Pada acara ini, terdapat 220 peserta pameran yang menampilkan produk-produk gaya hidup premium. Acara ini resmi dibuka oleh Mr. Dong Won Lee, CEO COEX, bersama dengan Tamu Kehormatan Mr. Chang-Beom Kim—Duta Besar Korea untuk Indonesia, Bapak Meliadi Sembiring—Sekretaris Menteri, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Ibu Shinta Widjaja Kamdani—Wakil Ketua Hubungan Internasional KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia), dan Mr. Hakhee Jo—Executive Managing Director, Asosiasi Perdagangan Internasional Korea (Korea International Trade Association – KITA).

JIPREMIUM 2018 diselenggarakan selama tiga hari, dari 22 – 24 November 2018 lalu yang merupakan peluncuran pertama di Indonesia dengan tema “Gaya Hidup di Jakarta” (“Stylish Life in Jakarta”). Ini adalah satu-satunya tempat pameran untuk menemukan berbagai macam barang-barang konsumen, mulai dari peralatan rumah tangga, kosmetik hingga perlengkapan kantor dan produk anak-anak, semuanya berada di dalam suatu tempat di JIPREMIUM 2018.

JIPREMIUM 2018 diselenggarakan oleh COEX, pemimpin global dan telah dikenal sebagai pemain industri Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). COEX memiliki latar belakang yang kuat dalam bidang promosi penjualan dan industri perlengkapan rumah tangga.

COEX telah menyelenggarakan salah satu pameran barang-barang promosi penjualan, hadiah dan peralatan rumah tangga terbesar di Korea Selatan yang disebut Seoul International Sourcing Fair (SIPREMIUM) selama lebih dari 28 tahun. Sejak tahun 2009, COEX telah berhasil meluncurkan Pameran Produk Premium Intetnational Vietnam (VIPREMIUM). Sekarang COEX menjadi “brand” dan terus-menerus berusaha untuk memperkuat posisi bisnisnya di pasar ASEAN.

“Demam K-Pop dan K-Beauty di Indonesia membuat produk-produk premium asal Korea menjadi tren baru untuk gaya hidup di Indonesia. Partisipasi yang lebih kuat dari perusahaan-perusahaan asal Korea menunjukkan sinyal kekuatan yang semakin besar dan tren gaya hidup masyarakat Indonesia masih terus mengikuti pada tren produk-produk premium terbaru yang berasal dari Korea. Kami percaya bahwa Indonesia adalah pasar yang berkembang pesat dengan jumlah penduduk lebih dari 240 juta. Indonesia telah menjadi target investasi bagi banyak perusahaan dari luar negeri.” Jin Wook Hwang, COEX Head Director, Indonesia Division, Global Business Team menjelaskan.

JIPREMIUM 2018 memberikan peluang bisnis yang optimal bagi perusahaan yang ingin masuk ke pasar Indonesia dan mengekspor ke luar negeri. Selama pameran berlangsung, hadir berbagai pembeli, baik lokal maupun luar negeri dengan daya beli yang sangat potensial di industri Ritel, Perdagangan dan Manufaktur. Luas area pameran JIPREMIUM 2018 mencapai 5.000 m2 dengan perkiraan lebih dari 20.000 pengunjung dan 220 peserta pameran dari Korea Selatan, Singapore, Vietnam, Malaysia dan Taiwan.

Bertemakan “Gaya Hidup di Jakarta” (“Stylish Life in Jakarta”), pameran ini menampilkan produk-produk premium terbaru untuk memperkenalkan produk-produk gaya hidup terkini, seperti produk perawatan bayi, kosmetik, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Pada acara ini hadir pula Roy N. Mandey, Ketua APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) yang menjadi pembicara utama dari APRINDO pada seminar tren ritel.

Pada JIPREMIUM 2018 diadakan berbagai acara seperti Seminar Pemasaran Ritel (Retails Marketing Seminars), Talkshow dan Pencocokan Bisnis (Business Matching). Para pembeli dan peserta pameran yang memenuhi syarat memiliki peluang bisnis dengan dilaksanakannya Program 1:1 Biz-Matching, termasuk tren pasar dunia terkini serta akses ke SIPREMIUM (Maret dan September 2019 di kota Seoul, Korea Selatan) dan VIPREMIUM (Mei 2019 di kota Ho Chi Minh, Vietnam).

Program Spesialisasi Pencocokan Bisnis (“Specialized Business Matching Program”) menghubungkan para pembeli berdasarkan kebutuhan perusahaan yang spesifik. Berpeluang untuk bertemu lebih dari 200 pembeli pilihan dari negara-negara tetangga seperti Korea Selatan, Singapura, Vietnam, dan Malaysia,” Hwang menambahkan.

Sementara itu, Mr. Hakhee Jo, mengatakan, “Kami sepenuhnya mendukung JIPREMIUM, karena mayoritas peserta pameran berasal dari perusahaan-perusahaan Korea yang membutuhkan pelayanan kami. Kami akan membantu membuat jaringan untuk para pembeli dan penjual dari Indonesia melalui JIPREMIUM. Kami mengharapkan dari peluncuran pertama JIPREMIUM di Indonesia akan membuat lebih banyak manfaat bagi para peserta pameran dan pengunjung.”

Tahun ini, hasil pertemuan bisnis para acara Pameran Produk Premium Internasional Vietnam (VIPREMIUM) telah mencapai jumlah nilai total kontrak sebesar US$ 86,850,300 dan jumlah total nilai kontrak yang ditandatangani dalam waktu satu tahun sebesar US$ 6,507,000. Sementara itu, Seoul International Sourcing Fair (SIPREMIUM) telah meraih total nilai kontrak sebesar US$ 23,431,654 dan total nilai kontrak mencapai US$ 11,867,190. Untuk acara ini, JIPREMIUM menargetkan sekitar US$ 25,000,000 untuk total kontrak.

“Tahun depan, kami menargetkan lebih dari 400 peserta pameran dan beragam acara seminar tentang tren gaya hidup. Kami juga mengharapkan total kontrak untuk tahun depan dapat meningkat sekitar 150 persen dari acara tahun ini,” Hwang menutup percakapan.

 

Leave a Reply