Kompetisi Barista Masa Kini Championship (BAMSKI 2018) di Pameran CBI 2018

BAMSKI merupakan brand kejuaraan dari komunitas Indonesian Latte Art Artist (ILAA) yang dalam setiap kejuaraannya selalu menggunakan kopi Indonesia. Tujuannya adalah untuk menanamkan dedikasi dan kecintaan para peserta dan penonton terhadap produk kopi tanah air.

Kejuaraan BAMSKI telah diselenggarakan pada tahun 2016 dan 2017 dengan jumlah peserta adalah 24 orang dari 100-200 pendaftar. Peserta tidak hanya datang dari Jabodetabek, tapi juga banyak yang dari luar kota.

Di penyelenggaraannya tahun ini jumlah peserta tidak terlalu banyak namun tidak mengurangi kemeriahan kejuaraan ini. Melalui Kejuaraan BAMSKI ini, diharapkan dapat menciptakan tren positif, yaitu kesadaran para barista akan pentingnya penguasaan bidang, baik pengetahuan tentang kopi, latte art skill, brewing, tasting, hingga customer service skill.

Setelah melalui serangkaian tes, mulai dari babak Art Bar, Open Service yaitu menyajikan kopi Indonesia terbaik yang dibawa oleh masing-masing peserta, dan tes uji cita rasa dalam Triangulation Challenge, akhirnya terpilih tiga pemenang.

Juara pertama berhasil diraih oleh Vrama Erby Gardhika dari Overtaste Coffee, Tangerang. Juara 2 diraih oleh Erick Estrada dari Luthier Coffee Palembang, dan Juara ketiga direbut oleh Ibrahim Muhammad dari Barade Kopi Jakarta.

Penulis: Linda Endyanto dan Doc.BAMSKI

Fotografer: Kanno Sardella dan Doc.BAMSKI

Leave a Reply