Locarasa, Gelato dengan Sensasi Rasa Unik dan Berbeda

Selama ini gelato identik dengan citarasanya yang modern mengikuti negara asalnya. Namun, sensasi rasa gelato yang unik dan sedikit berbeda bisa ditemukan di Locarasa Gelato yang berlokasi di wilayah selatan Jakarta. Gelato­-nya menjadi unik dan berbeda dengan gelato pada umumnya karena menggunakan bahan-bahan lokal khas Nusantara.

“Kami menggunakan bahan-bahan lokal yang didapat dari petani di Indonesia. Semua bahan tersebut adalah bahan alami yang menjadi ciri khas Indonesia, sebut saja seperti tempe, daun kemangi, tape dan masih banyak lagi,” Rae, Marketing Locarasa, mengungkapkan.

Bahan-bahan lokal khas Indonesia tersebut diolah sangat apik sehingga memiiki citarasa yang sama seperti kudapan tradisional. Locarasa Gelato memang berkomitmen untuk mendukung kudapan lokal dengan mengenalkan kudapan lokal khas Nusantara melalui aneka rasa gelato. “Gelato dengan rasa lokal tentunya tidak kalah enaknya dengan gelato cita rasa internasional,” Rae menegaskan.

16 Varian Rasa

Locarasa menawarkan 16 varian rasa gelato dengan cita rasa lokal khas Nusantara, seperti: Kenari Jailolo yang menggunakan kenari dari Jailolo, Maluku Utara. Ada pula Chocolate Kenari, Martabak, Mango yang menggunakan mangga harum manis, Klepon, dan Tamarilo yang menggunakan terong Belanda sebagai bahan utamanya.

Ada pula rasa Kemangi yang rasanya aromatik, Klapertart, Dragon Fruit yang menggunakan buah naga merah, Tempe, Chocolate, Marberry yang merupakan gelato dari buah arbei, Banana yang menggunakan pisang raja, Capucino Toba, Vanilla Flores, hingga Es Doger yang sensasi rasanya manis dan kental dengan aroma santannya. Dan jika sedang musim durian, konsumen dapat menyicipi gelato rasa Durian yang menggunakan durian Medan.

Gelato rasa Klepon, Martabak, dan Klapertart

Klepon, martabak, dan klapertart merupakan jajanan tradisional khas Indonesia yang banyak diminati. Maka tak heran saat jajanan tradisional ini diaplikasikan ke dalam rasa gelato akan menghasilkan gelato dengan rasa yang menarik.

Gelato Klepon dan Tamarilo

Gelato rasa Klepon adalah salah satu gelato yang paling banyak dicari karena rasanya begitu gurih yang didapat dari perpaduan antara daun pandan, daun suji, gula merah, dan santan. Saat memakannya Anda seperti sedang menikmati klepon dalam bentuk es.

Bagi penyuka martabak manis, gelato rasa Martabak patut dicoba karena rasa martabaknya begitu dominan dan bertekstur, berpadu dengan kacang tanah dan kacang mede serta choco chip dan wijen. Tak kalah dengan gelato rasa Martabak, gelato rasa Klapertart juga digemari karena base gelato-nya dibuat dari kismis, kelapa muda, kacang kenari dan sedikit rum untuk aroma klapertart.  

Gelato rasa Tempe dan Capucino Toba

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai ternyata rasanya tak kalah enak jika dijadikan rasa gelato. Walau terdengar agak asing, namun perpaduan antara gula merah dan santan menjadikan gelato rasa Tempe ini manis seperti karamel.

“Dalam adonan gelato juga ditambahkan tempe yang sudah diiris kecil-kecil dan digoreng sehingga tekstur gelato­-nya menjadi lebih crunchy. Gelato ini sangat digemari oleh mereka yang berkunjung ke Locarasa,” Edwin, Barista Locarasa, turut menjelaskan.

Penyuka kopi Toba, kopi khas Sumatera Utara bisa menyicipi kopi dalam bentuk gelato. Biji kopi yang telah disangrai ini diproses menjadi espresso dan dicampur dengan susu dan gula.

Menjaga Eksistensi

Varian rasa di Locarasa Gelato dapat dinikmati dalam ukuran 100 gram dengan maksimal 2 varian rasa, ukuran 200 gram dengan maksimal 3 varian rasa maupun dalam bentuk cone yang dibalut daun pisang yang semakin menampilkan ciri khas kudapan Nusantara.

Kualitas bahan sangat diperhatikan oleh Locarasa demi mendapatkan rasa dan aroma gelato yang pas di lidah. Selain memperhatikan bahan-bahannya, Locarasa Gelato juga memperhatikan setiap gelato yang ada di display. Gelato yang mengandung santan akan diganti dengan yang baru jika telah memasuki hari ke-3 sampai hari ke-4, karena jika terlalu lama warna dan rasa gelato akan berubah.

Menutup pembicaraan dengan BARECA Magazine, Rae menuturkan bahwa Locarasa Gelato selalu menggunakan bahan lokal khas Indonesia serta berusaha merepresentasikan kudapan khas Nusantara. “Kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap rasa di gelato kami. Kami ingin konsumen menyadari bahwa Indonesia kaya akan beragam bahan lokal yang cocok dijadikan bahan dasar gelato”.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply