Pendapat Chef Steven tentang Striking Color Cake

Sebagai seorang General Manager dan Pastry Chef Convivium Deli Bakery and Cafe, Chef Steven memaparkan opininya seputar striking color cake serta beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan striking color cake yang penampilan dan rasanya maksimal, sebagai berikut:

  • Striking color cake adalah cake dengan warna kontras dan cukup berani. Tren saat ini adalah cake dengan tampilan colorful dengan penampilan menarik yang kemudian menciptakan ketertarikan untuk mencicipinya, seperti red velvet cake, cake dengan warna ombre terang, charcoal cake, dan sebagainya.
  • Dalam membuat striking color cake seperti charcoal cake harus menggunakan pewarna yang aman dikonsumsi atau termasuk dalam kategori food grade.
  • Sebaiknya hindari penggunaan pewarna yang terlalu berlebihan supaya warna cake tidak terlalu mencolok. Untuk jenis red velvet cake, karena bahan dasarnya adalah cocoa powder, maka jangan menggunakan pewarna terlalu banyak guna menghindari warna merah menjadi sangat terang.
  • Charcoal cake jenisnya bisa dari sponge cake. Adonan sponge cakenya menggunakan tepung terigu, mentega, putih telur, kuning telur, dan charcoal dalam bentuk powder. Untuk filling dan frosting-nya, dapat menggunakan cream cheese filling dan mascarpone yang dibuat dengan campuran yogurt dan lemon.
  • Saat mengaduk adonan, jangan sampai over mixed. Jika over mixed tekstur cake tidak akan mengembang maksimal. Proses pemanggangannya menggunakan oven deck dengan suhu berkisar 160°-180° Celsius dengan waktu sekitar 20 menit, namun kisaran waktu dapat dipengaruhi dari volume adonan dan ukuran loyang yang digunakan.   

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Kanno Sardella

 

Leave a Reply