Penyerahan Buku Chocolate From Cacao Bean To Bar Edisi Cetakan ke 2 kepada Bapak BAMBANG, Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI

Pada tanggal 9 Oktober 2018 lalu, Bareca Magazine yang diwakili oleh Pemimpin Redaksinya Petrus Gandamana, didampingi Imam Saparisman dan Idcham Rahadian, menemui Dirjen Perkebunan Bapak Bambang, di kantornya Gedung Departemen Pertanian, yang asri di daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

Kami disambut dengan antusias oleh Bapak Bambang dan beliau dengan penuh semangat langsung membuka buku cokelat terbitan Bareca Magazine yang berjudul Chocolate from Bean to Bar yang sudah dicetak kedua kalinya. Bapak Dirjen menyambut baik dan mengapresiasi diterbitkannya buku Chocolate: From Cacao Bean To Bar, The Indonesian Heritage Treasure. 

Bapak Bambang setelah melihat buku cokelat terbitan Bareca dan mengakui bahwa buku tersebut menyajikan materi yang berisi khasanah kakao Nusantara dari sudut pandang yang berbeda, sehingga memperkaya informasi pembacanya tentang kakao dari biji hingga menjadi produk cokelat siap saji dengan berbagai ragam variasinya.

Menurut Bapak Bambang saat ini produk cokelat telah menjadi bagian kebutuhan hidup manusia, baik untuk bahan makanan, kesehatan hingga untuk keperluan estetika.

Mungkin sebagian besar dari kita masih belum sepenuhnya mengetahui bagaimana berbagai macam produk cokelat dengan ragam bentuk dan rasa tersebut diolah dan berasal. Padahal komoditi kakao termasuk komoditi unggulan perkebunan dan berperan strategis dalam mendukung perekonomian nasional yaitu sebagai penyumbang devisa, penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan petani, mendukung tumbuhnya agroindustri, mendorong pertumbuhan wilayah serta turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Peningkatan konsumsi kakao di hilir tersebut, menjadi peluang bagi usahatani kakao di hulu (sentra produksi) untuk melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pasokan bahan baku melalui peningkatan produksi, produktivitas dan mutunya.

Harapan Bapak Bambang agar buku cokelat terbitan Bareca bisa menjadi conecting agent informasi perkakaoan nasional bagi seluruh pembaca di dalam maupun luar negeri sehingga citra kakao Indonesia semakin meningkat.

Leave a Reply