Rangkaian Acara di Pameran Cafe and Brasserie Indonesia 2018

Kenikmatan kopi Indonesia telah tersohor hingga ke mancanegara, hal ini juga yang mendorong tumbuhnya kedai kopi di seluruh Indonesia mulai dari cafe mewah hingga kedai kopi di pinggir jalan. Perubahan gaya hidup yang menjadikan cafe tidak hanya sekedar tempat menikmati kopi melainkan juga tempat meeting menjadikan bisnis ini tumbuh sangat menjanjikan.

Reed Panorama Exhibitions bekerja sama dengan berbagai asosiasi kopi menyelenggarakan Cafe and Brasserie Indonesia (CBI) 2018 pada 5-7 Oktober 2018 lalu di Jakarta Convention Center (JCC) untuk memberikan beragam pilihan kebutuhan pemilik cafe seperti kopi, teh, susu, tepung, peralatan barista, mesin roasting kopi, packaging hingga pakaian barista.

CBI 2018 merupakan suatu acara yang didedikasikan untuk industri cafe dan brasserie di Indonesia. Selain sebagai wadah pertemuan antara pelaku usaha cafe dengan suplier pendukung, CBI 2018 juga menjadi tempat untuk membuka pasar baru dan menambah ilmu pengetahuan mengenai usaha kopi dan pengolahannya.

A.Syafrudin selaku Ketua Umum Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) mengatakan kini kehadiran usaha cafe semakin meningkatkan nilai kopi dari sekedar komoditas menjadi suatu karya seni dan gaya hidup. Nilai jual kopi juga menjadi tinggi jika dinikmati di cafe mewah.

“Sejalan dengan misi SCAI untuk mengedukasi pasar kopi yang ada di dunia, maka standarisasi produk mutlak diperlukan serta kepastian ketersediaan pasokan. Karena itu melalui event ini kami berharap seluruh pelaku usaha dan pemangku kepentingan dapat saling bertemu dan menghasilkan solusi terbaik bagi industri ini,” A.Syafrudin menjelaskan.

Rangkaian acara menarik digelar selama perhelatan CBI 2018, beberapa diantaranya aneka talkshow, sesi diskusi, kompetisi BARISATA MASA KINI CHAMPIONSHIP (BAMSKI 2018), coffee workshop, kesempatan menikmati berbagai jenis kopi Indonesia dan masih banyak lagi acara menarik lainnya.

Salah satu workshop yang cukup diminati yaitu Coffee Brewers Workshop yang dibawakan oleh Harison Chandra yang pernah menyabet gelar Juara 1 Jakarta Syphon Championship 2016, Juara 1 Indonesia Brewers Cup 2017, Juara 7 World Brewers Cup 2017 dan Juara 3 Indonesia Brewers Cup 2018.

Harison menjelaskan mengenai perkembangan teknik manual brew yang semakin pesat di Indonesia serta penjabaran mengenai teknik manual brew serta hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari bahan filter kopi, jenis air yang digunakan, pemilihan temperatur, perbandingan air dan kopi, metode seduh.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply