Roadshow Sajian bersama Bogasari ‘Jalan Sukses Bisnis Kuliner’

Senin pagi, 29 Oktober 2018, tampak keramaian Ibu-Ibu berseragam warna-warni memenuhi Aula Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi. Sekitar 100 Ibu Rumah Tangga dan PKK dari empat kelurahan di Kecamatan Bantar Gebang, hadir memenuhi Aula Kecamatan untuk mengikuti acara Sajian Bersama Bogasari bertemakan ‘Jalan Sukses Bisnis Kuliner’.

BARECA Magazine berkesempatan mengunjungi acara tahunan Bogasari yang sukses menjaring rasa antusias para peserta dengan berbagi bersama resep praktis berdaya nilai jual.

PT Indofood Sukses Makmur Divisi Bogasari Flour Mills, membuat roadshow berkala yang menyasar Ibu Rumah Tangga. Acara ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat akan pengenalan dan penggunaan produk Bogasari serta aplikasinya dalam pembuatan berbagai kreasi pangan. Tak hanya itu, Bogasari menargetkan roadshow ini menghasilkan para starter-up industri rumahan dalam bisnis kuliner.

Mengutip dari Akun Instagram Bogasari, Sajian Bersama Bogasari (SBB) adalah program Baking Demo yang digelar rutin setiap tahun, mengajarkan cara pengolahan tepung terigu dengan alat dan bahan sederhana, tetapi memiliki nilai bisnis. SBB berlangsung selama tiga bulan dari September – November 2018, serentak di seluruh Indonesia, di kota-kota besar di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua.

BARECA Magazine berkesempatan meliput keseruan roadshow SBB di Bekasi, tepatnya di Kecamatan Bantar Gebang. Roadshow SBB di Kota Bekasi diadakan secara bergilir pada 29-31 Oktober 2018 di Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Chef Nur Azizah dari Bogasari Baking Center (BBC), menampilkan resep sederhana, yaitu Donat Grill (menggunakan tepung premiks Chésa – singkatan dari Cepat Saji) dan Hurricane Steam Cake (menggunakan terigu Kunci Biru). Tips dan trik bisnis kuliner rumahan dengan kreasi resep sederhana diterangkan oleh Chef Azizah lewat sesi tanya jawab yang juga dimeriahkan dengan beragam permainan interaktif, doorprize, serta bazar penjualan produk Bogasari.

Chef Azizah tidak hanya memberikan pengetahuan membuat resep sederhana, namun juga perhitungan modal usaha dan analisis penjualannya. “Bogasari berharap, roadshow ini menambah pengetahuan para peserta, terlebih bisa membuat mereka menjadi pengusaha mandiri yang menggunakan tepung terigu Bogasari,” Irvan Raditya Putra, perwakilan Bogasari, Customer Relation Area JATABEK, menjelaskan.

Chef Azizah juga memberikan beberapa tips adonan donat yang kalis serta teknik membentuk donat yang sempurna; tak ketinggalan cara menggoreng donat sehingga hasilnya maksimal.”Donat dengan cincin putih di sekeliling tengahnya adalah donat terbaik!”, dengan mantap Chef Azizah menuturkan. Chef Azizah mengundang para peserta yang berminat lebih dalam belajar dan mengembangkan keahlian, untuk ke Bogasari Baking Center, tempat pelatihan berbahan dasar tepung terigu.

Candra Wijaya, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kota Bekasi, juga menyambut positif acara ini untuk terus diadakan berkala dan melibatkan Ibu-Ibu PKK setempat. Siti Hasanah, Wakil Ketua Penggerak PKK Kecamatan Bantar Gebang, menyambut positif acara ini sebagai pendukung peningkatan ekonomi keluarga. Rismawati – Ibu Lurah Kelurahan Cikiwul, berharap acara ini tahun depan diadakan kembali dengan resep yang lebih banyak lagi.

Penulis : Yohanes Christ

Fotografer : Kanno Sardella

Leave a Reply