Serunya Belajar ‘Basic Food Photography Workshop’

BARECA Magazine bekerjasama dengan PT Sony Indonesia dan Sony Center Kelapa Gading dan Taman Anggrek serta didukung oleh Colatta Chocolate dari Gandum Mas Kencana, menyelenggarakan kegiatan Basic Food Photography Workshop, yang menyasar kepada peminat fotografi pemula. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu, 13 Oktober 2018, dibagi ke dalam dua batch, yaitu kelompok pagi dan siang.

Workshop dibuka dengan sambutan dari Ir Petrus Gandamana, Chief Editor & Publisher BARECA Magazine yang menjelaskan mengenai semakin berperannya hasil fotografi dalam usaha kuliner di Indonesia, terutama di wahana media sosial.

 

Para instruktur dalam workshop tersebut adalah para fotografer di BARECA Magazine yang meliputi Hendri Wijaya dan Kanno Sardella, dibantu oleh Idcham Rahadian Putra, yang merupakan Coordinator Design Bareca dan sebelumnya adalah fotografer di Bareca. Tak ketinggalan Imam Saparisman yang saat ini merupakan Operational Manager Bareca juga ternyata merupakan Fotografer pertama dan Senior di BARECA Magazine, nampak aktif dalam workshop semarak yang diikuti 22 peserta tersebut.

 

Dari Sony Indonesia datang Mr. Kazuteru Makiyama yang merupakan Presiden Direktur Sony Indonesia didampingi team Marketing & Sales Sony Indonesia. Christian Rudolf, Senior Supervisor Product Marketing Division PT. Sony Indonesia, terlibat memberikan presentasi mengenai berbagai keunggulan kamera full frame mirrorless seri Alpha merek Sony. Indra Saputra selaku Pimpinan Sony Center Kelapa Gading hadir memberikan voucher potongan harga untuk pembelian kamera Sony khusus untuk para peserta workshop tersebut.

 

Teknik Fotografi Dasar

Basic Food Photography Workshop dibagi 3 area yang meliputi 3 jenis pencahayaan untuk kebutuhan fotografi makanan, yaitu cahaya alami matahari, cahaya lampu kontinu dan cahaya lampu flash strobe. Tiap meja sudah disiapkan makanan dan minuman yang ditata yang menjadi obyek foto bagi para peserta. Tujuan mempelajari ketiga pencahayaan itu agar para peserta dapat memahami bagaimana memanfaatkan setiap alternatif pencahayaan dan mengambil manfaat maksimal dari tiap pencahayaan tersebut pada hasil fotografinya.

Para peserta mengaku belajar banyak mengenai teknik fotografi dasar, khususnya penggunaan kamera mirrorless, agar dapat digunakan dalam keseharian. “Semua ilmu yang diajarkan di acara workshop ini sangat bermanfaat bagi peminat pemula food photography. Senang sekali bisa gabung dalam workshop yang berkualitas bagus ini,” Irwan, salah seorang peserta workshop, menuturkan.

Mr. Kazuteru Makiyama, sangat terkesan dengan kegiatan kerjasama Bareca Magazine dan Sony tersebut terutama dengan antusiasme para peserta. Sri Utami yang merupakan Deputy GM Marketing PT Gandum Mas Kencana, turut aktif dalam kelas fotografi bersama teamnya. Di akhir acara semua peserta menerima sertifikat workshop.

Penulis : Yohanes Christ

Leave a Reply