The Pastry Patisserie, Sajikan Hidangan Manis dan Gurih

The Pastry Patisserie terletak tidak jauh dari lobi REDTOP Hotel & Convention Center, menjadi tempat yang pas untuk tea time atau sembari menunggu waktu untuk check in. Cake shop ini menyajikan berbagai whole cake, slice cake, aneka kue kering, hingga macaron. Tak ketinggalan The Pastry Patisserie juga memiliki ragam pilihan roti manis, roti isian daging seperti long john, sandwich, dan lain-lain.

“Untuk jenis roti, roti isi tuna dan long john paling banyak dicari. Untuk jenis cake, yang best seller di The Pastry Patisserie yaitu Strawberry Cheese Cake. Strawberry Cheese Cake paling diminati karena sponge cake-nya begitu lembut, sama halnya dengan cake lainnya, tekstur sponge cake-nya juga lembut,” Shinta N Israsari, Public Relations Manager REDTOP Hotel & Convention Center, mengungkapkan kepada BARECA Magazine.

Setiap bulannya, The Pastry Patisserie selalu menghadirkan cake of the month dengan tampilan dan rasa yang menarik. Seperti di bulan September 2018, Almond Chocolate Gateau menjadi cake andalan The Pastry Patisserie. Almond Chocolate Gateau merupakan cake cokelat yang menggunakan Swiss chocolate ganache dan dilapisi dengan chocolate almond.

Coffee Cake

Melihat cukup banyaknya peminat cake with coffee applications, The Pastry Patisserie menawarkan cake yang menggunakan kopi sebagai bahannya, beberapa diantaranya yaitu Opera Cake, American Chocolate Cake, dan Chesseco Indulgance.         

Chesseco Indulgance merupakan chocolate sponge cake yang tekstur cake-nya sangat lembut berpadu dengan coffee cream cheese. “Kami menggunakan kopi instan sebagai campuran dalam membuat cream cheese-nya supaya tekstur yang didapat lebih halus dan aroma kopinya tidak terlalu pekat. Untuk membuat coffee cream cheese-nya kocok cream cheese dan icing sugar lalu tambahkan fresh cream. Kemudian kopi instan yang sudah dilarutkan dituang kedalam cream cheese tersebut,” Chef Wahyudi, Executive Chef REDTOP Hotel & Convention Center memaparkan.

Ditemani juga oleh kehadiran Chef Arinta, Pastry Chef REDTOP Hotel & Convention Center ini turut menjelaskan dalam membuat based cake-nya, gula dan mentega di-mixed lalu masukkan telur, tepung terigu dan susu cair kedalam adonan. Proses pemanggangan memerlukan waktu sekitar 45 menit dengan suhu 180 °Celsius.

Untuk glaze-nya menggunakan glucose, cocoa powder, susu kental manis, cokelat putih dan gelatin. Setelah adonan kue sudah ditumpuk 3 layer dan dilapisi dengan cream cheese coffee barulah disiram dengan glaze.

Komposisi cokelat dan kopi dalam membuat Chesseco Indulgance yaitu 50 % cokelat dan 50% kopi instan. Menurut Chef Arinta, komposisi tersebut menjadikan aroma cokelat dan kopi dari Chesseco Indulgance menjadi balance.

Mempertahankan Kualitas

Cake yang ada di The Pastry Patisserie dibuat menggunakan bahan-bahan fresh dan berkualitas grade A, seperti pada Strawberry Cheese Cake yang menggunakan buah stroberi grade A. “Penting bagi kami menjaga kualitas bahan supaya rasa cake-nya tetap stabil dan tidak mengecewakan. Supaya aroma dan tekstur cake tetap enak saat dikonsumsi, sebaiknya segera dikonsumsi dalam waktu maksimal 2 hari,” Chef Wahyudi menutup perbincangan.

Penulis : Linda Endyanto

Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply