Wan Treasures, Padukan Perpaduan Klasik dan Modern

Perpaduan klasik dan modern. Itulah identitas yang ingin diusung oleh restoran Wan Treasures, seperti dijelaskan oleh Fairtel Mong, Operational Director Wan Treasures. Dengan identitas tersebut, diharapkan restoran Wan Treasures mampu merangkul konsumen dari berbagai kalangan, baik generasi tua maupun muda.

Tak jarang pengunjung dengan usia lanjut pun merasa penasaran dan memesan sejumlah menu makanan yang memiliki fusion twist. Sentuhan kuliner dari berbeda negara dan budaya tidak membuat makanan di Wan Treasures terasa aneh atau rumit untuk dinikmati.

Hal itu disebabkan oleh pemilihan unsur fusion yang sebenarnya masih cukup umum. Di zaman sekarang ini, para pecinta kuliner sudah tidak asing dengan aneka makanan Jepang, Italia, dan Prancis. Ketiga negara itu memang menjadi referensi pada sejumlah kreasi menu di Wan Treasures.

Fairtel juga menjelaskan opininya bahwa sebenarnya dalam hal teknik memasak tidak ada perbedaan besar antara proses pembuatan makanan Tiongkok tradisional ataupun fusion. Perbedaan itu lebih terletak pada variasi bahan yang digunakan.

Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa akan sulit bagi sebuah restoran Tiongkok untuk dikatakan modern apabila restoran itu tidak mengadaptasi unsur lain. Selama hal itu belum terjadi, kebanyakan orang akan menganggap restoran tersebut belum lepas dari karakter khas tradisional yang melekat. Meski demikian, baik tradisional maupun modern, masing-masing memiliki penikmatnya.

Ragam Sajian Modern Chinese Cuisine

Dengan makanan bertema noodle dan dimsum, sekilas Wan Treasures tampak seperti sebuah restoran ala Hong Kong. Namun, setelah membaca berbagai pilihan menu yang disediakan di restoran ini, barulah kita menyadari Wan Treasures tidak seperti restoran Hong Kong pada umumnya.

Berlokasi di Ruko Garden House Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, restoran Wan Treasures berdiri sejak pertengahan bulan Agustus 2018. Dari rangkaian kreasi yang disajikan, yang cukup banyak digemari dan menjadi best seller di antaranya adalah Pan Fried Foie Gras Pork Siewmai, Spicy Mozzarella Pork Siewmai, Cream Cheese Onde, dan Black Roe Hakau untuk varian dimsum.

Untuk varian noodle, Pork Soy Noodle with Truffle menjadi produk terlaris. Sedangkan bagi pengunjung yang menginginkan sajian selain noodle & dimsum, terdapat pula beberapa kreasi hidangan nasi maupun pilihan ala carte.

Format fusion dalam sejumlah makanan di Wan Treasures dapat ditemui dengan adanya penggunaan beragam bahan masakan seperti truffle, tobiko, mozzarella, wasabi, cream cheese, teriyaki sauce, dan lain-lain.

Cream Cheese Onde & Hong Kong Style Milk Tea

Keunikan di restoran Wan Treasures tidak hanya terletak pada bahan-bahan dapurnya saja, berkaitan penyajian makanan atau minumannya pun menawarkan sesuatu yang tidak biasa. Contohnya Cream Cheese Onde, di mana setiap onde diletakkan di atas sendok stylish dan disusun pada sebuah tatakan hitam memanjang bergaya rustic.

Lalu ada pula Hong Kong Style Milk Tea, dengan botol berisi milk tea ditancapkan di tengah wadah mangkuk berisi tumpukan es. Tujuan dari hal ini untuk menjaga minuman tersebut tetap dingin, namun tidak tercampur dengan es yang meleleh. Konsep yang serupa layaknya penyajian wine dengan ice bucket.

Penulis : Adi Niko
Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply