Chef Anda Rochman, Apa Itu Sandwich dan Tips Pembuatannya


Sandwich adalah makanan yang terdiri dari sayur, keju, atau daging yang diiris dan diletakkan di atas atau dimasukkan ke dalam irisan roti. Chef Anda Rochman, Head Baker Paul Indonesia, berbagi informasi mengenai apa itu sandwich dan tips pembuatannya. Berikut penjelasan yang dapat BARECA simpulkan:

Jenis dan Pembuatan Sandwich

  1. Roti yang digunakan untuk sandwich bermacam-macam, seperti:
    • Roti jenis keras, contohnya baguette.
    • Roti jenis lembut, contohnya brioche.
    • Roti dengan biji-bijian di dalamnya.
  2. Sandwich tidak harus dilapisi oleh 2 irisan roti, ada juga jenis open sandwich di mana isi sandwich tersebut hanya diletakkan di atas 1 lembar roti.
  3. Burger dan hotdog dapat dikategorikan sebagai jenis sandwich karena filling dari burger dan hotdog berada diantara potongan roti.
  4. Selain jenis savory sandwich, sandwich juga dapat dibuat manis. Salah satu contohnya adalah Pain Perdu atau French Toast yang juga termasuk jenis open sandwich.
  5. Untuk membuat sandwich yang menarik dan menggiurkan, pemilihan filling dan roti harus diperhatikan. Chef Anda sendiri menyukai kombinasi smoked salmon, tomat, alpukat, kyuri, yogurt, dan mesclun salad yang dipadukan dengan roti cereal.
  6. Untuk membuat vegan sandwich dapat memakai cereal bread atau gluten free bread. Filling-nya dapat berupa sayuran segar atau yang telah di-grill.
  7. Meskipun tidak ada aturan mengenai ukuran sandwich, sandwich yang mudah dibawa dan dimakan lebih menarik daripada sandwich yang menyulitkan orang yang mengonsumsinya.

Menyajikan Sandwich

  1. Sandwich bisa disajikan dingin atau panas, tergantung dari preferensi orang yang memakannya. Umumnya, pengunjung lokal di Paul Indonesia memilih memakan sandwich yang telah dipanaskan. Berbeda dengan orang Prancis sendiri yang menyukai sandwich yang dingin.
  2. Sebaiknya sandwich langsung dikonsumsi, namun jika ada sisa masih dapat disimpan di kulkas dengan di-cover plastik.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply