7 Signature Coffee Drinks dari First Crack

Setelah sukses dengan menghadirkan 3 gerai café First Crack Coffee sebelumnya, pada 24 Juni 2019 lalu, gerai keempat First Crack Coffee dibuka di Jl. Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nama besar dan kesuksesan First Crack Coffee tidak bisa dilepaskan dari passion tinggi akan dunia kopi yang dimiliki Evani Jesslyn, pemilik First Crack Coffee Indonesia dan Strada Coffee.

Diwakili oleh Barista First Crack Coffee, Niko, BARECA berbincang mengenai gerai First Crack Coffee yang berada di Jl. Bumi yang memiliki konsep berbeda dengan gerai First Crack Coffee lainnya, juga menu single origin coffee yang diracik berbeda di First Crack Coffee Jl. Bumi. 

Konsep Edukasi 

“Di gerai First Crack Coffee Jl. Bumi, kami lebih menampilkan konsep edukasi. Di dalam area café terdapat banyak informasi proses dan perjalanan mengolah kopi, misalnya ketika kita masuk ke dalam café, kita akan disambut dengan proses tumbuhnya sebuah biji kopi yang berawal dari bibit bean yang tumbuh menjadi tanaman kopi,  lalu berbuah menjadi cherry kopi hijau sampai menjadi cherry kopi merah yang matang dan siap dipetik,” Niko menjelaskan. 

Niko kembali menjelaskan, bahwa ada juga proses roasting. Roasting atau sangrai merupakan kunci setelah proses menyortir green beans yang terbaik/specialty sehingga menjadi matang dan bisa diolah menjadi seduhan minuman kopi. Area café juga ditanami dummy pohon kopi sehingga konsumen bisa melihat seperti apa pohon kopi.

“Hal lainnya yang juga menarik adalah keberadaan mesin kopi kami di gerai ini. Mesin tersebut berukuran besar dengan kapasitas 25kg, berasal dari Jerman, yaitu Probatone 25kg. Tempat roasting kami di gerai ini berkonsep seperti museum terbuka, atau seperti laboratorium, jadi konsumen bisa melihat langsung proses roasting yang kami lakukan. Ini menjadi edukasi dan experience yang luar biasa bagi konsumen,” Niko memaparkan.

Di dinding café pun terdapat bagian-bagian dari mesin kopi yang terpisah dan digantung, selain menambah unsur dekorasi ruangan, juga sebagai wadah edukasi, seperti halnya tabung kopi yang berisi perjalanan profil roasting dari green beans hingga biji kopi matang.

“Untuk penyajian Single Origins di First Crack Coffee Jl. Bumi, pun terbilang memorable, karena kami membuatnya menjadi signature coffee drinks dengan penyajian langsung ke meja konsumen, selain untuk menunjukkan proses deconstructed dari signature coffee drinks-nya, para barista yang bertugas akan menjelaskan sejarah kopi yang dipesan maupun alasan mengapa kami membuatnya menjadi bagian dari 7 signature coffee drinks yang ada di gerai Jl. Bumi ini,” Niko menambahkan.  

  1. Signature Coffee Drink 

7 Signature Coffee Drinks yang dimaksud oleh Niko, adalah 7 menu minuman kopi dengan konsep deconstructed yang memiliki campuran seduhan biji kopi single origin, dan 7 varian yang lengkap ini hanya dapat dipesan di First Crack Coffee gerai Jl. Bumi. 7 Signature Coffee Drinks tersebut meliputi Orange Coffee Bali, Hazelnut Coffee Papua, Coconut Coffee Gayo, Toraja Coffee Chamomile Lavender, Java Robusta Beras Kencur, Flores Coffee Honey Apple, dan West Java Coffee Kunyit Asam. 

“Untuk gerai lainnya, seperti First Crack Coffee Sunter, First Crack Coffee PCP, dan First Crack Coffee Pluit, kami tetap memiliki signature drink-nya, tetapi hanya ada 3 macam seperti Orange Coffee Bali, Hazelnut Coffee Papua, dan Coconut Coffee Gayo,” Niko menyampaikan. 

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Foto: Dok. First Crack Coffee

Leave a Reply