A Memorable Afternoon at Kota Tua

Cafe Batavia – Historical Dining Experience merupakan salah satu cagar budaya, atau lebih terkenalnya dengan sejarah bangunan tertua nomor dua setelah museum Fatahillah. 

Pada 28 Februari 2020, Cafe Batavia memperkenalkan launching menu afternoon tea terbarunya “A Memorable Afternoon at Kota Tua” yang dikhususkan untuk kalangan turis lokal dan mancanegara yang berjiwa muda. Di acara ini, turut hadir Chef Vincent Gil—Pastry ChefL’ecole Valrhona France, Chef Isnendar—Pastry Chef Cafe Batavia, dan Eliawati Erly—Vice President Director Dilmah Tea. Acara turut dihadiri oleh rekan-rekan media, di mana acara ini terbagi dalam beberapa sesi acara, seperti Live Kolaborasi, Talkshow, Finishing Touch, dan Plating.

Pada sajian afternoon tea-nya, disajikan pada rack dengan 3 tiers. Chef Isnendar menyajikan Mango Passion Jelly Dome dan Caraibe Éclair pada tier pertama, kemudian makanan savory berupa Onion Beef Quiche dan Bitterballen, dan pada tier ketiga disajikan Macaron dan Scone bersama clotted cream dan selai buah.

Rangkaian kudapan tersebut disajikan bersama 3 menu Chocolate Special Edition kreasi Chef Vincent Gil, disajikan dengan 3 jenis teh pilihan dari Dilmah Ceylon Tea berupa Italian Almond Tea, Blood Orange & Eucalyptus Tea, dan Earl Grey tea.

Pada sore itu, Chef Isnendar dan  Eliawati Erly turut menjelaskan mengenai tea pairing dan menyarankan untuk mencicipi bagaimana tea pairing antara manisnya Mango  Passion Jelly Dome bersama segar dan asamnya Blood Orange & Eucalyptus Tea, Caraibe Éclair bersama Earl Grey Tea, serta tea pairing antara Macaron dengan Italian Almond Tea.

Chef Vincent Gil juga ikut serta dan menjelaskan 3 kreasinya, seperti tartlet buatannya yang merupakan perpaduan antara mangga dan kelapa dengan dekorasi karamel dan 3 jenis cokelat berupa white chocolate 33% Valrhona Opalys, dark chocolate  68% Valrhona Nyangbo, dan blonde chocolate Valrhona Dulcey.

Ada juga kreasi Chocolate Gâteau Basque yang menggunakan dark chocolate 64% Valrhona Manjari yang berasal dari Madagascar dan dengan isian banana compote serta sedikit buah markisa. Untuk tea pairing, Chef Vincent menyarankan untuk menggunakan Oriental tea, Bali tea, dan Earl Grey tea. Chef Vincent juga menjelaskan bahwa ia memilih buah-buahan exotic Indonesia seperti markisa dan mangga serta menggunakan dark chocolate untuk memberi keseimbangan cita rasa pada kreasinya yang menggunakan karamel. 

Penulis & Photographer: Maria Benita A.

Leave a Reply