AB Steak Jakarta, Sajikan Konsep American Steak House with Korean Flare

Dari tangan dingin seorang Michelin Starred Chef, Chef Akira Back, lahirlah Restoran Akira Back yang telah dibuka di berbagai negara seperti Singapura, Amerika Serikat (Las Vegas), Korea Selatan (Seoul), dan United Arab Emirates (Dubai). Di Indonesia, AB Steak Jakarta dibuka pada April 2017. AB pada AB Steak Jakarta mengacu pada inisial Chef Akira Back.

Konsep yang dihadirkan di AB Steak Jakarta adalah American steak house with Korean flare. Executive Chef, Chef Andri Dionysius, menjelaskan bahwa disebut sebagai American steak house with Korean flare karena meat cut atau potongan daging yang digunakan bukanlah yang biasa digunakan di Korean barbecue, melainkan potongan daging dengan style dari Amerika seperti Porterhouse, Rib Eye, dan Bone In Rib Eye.

Chef Andri kemudian menceritakan asal-usul didirikannya AB Steak di Jakarta, “Kami melihat bahwa selalu muncul pola dari beragam restoran yang sudah ada yaitu seputar konsep steak house, Japanese barbecue, dan Korean barbecue. Dulu di Indonesia belum ada atau jarang adanya dry aged steak. Kalaupun ada, dry aged meat yang akan diolah dibeli dari pemasok. Sedangkan kami ingin dry aged meat yang berbeda maka kami membuat dry aged chamber milik kami sendiri. Pada akhirnya, AB Steak Jakarta memiliki sesuatu yang berbeda dari pasar dengan in house dry aged meat-nya.

Apple Wood Chip ataupun Cherry Wood Chip untuk Aroma Smokey

Untuk steak yang disajikan, aneka daging akan dibawakan ke meja tamu dan akan langsung di-grill di meja tamu oleh staff AB Steak Jakarta hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Pada umumnya, staff akan memberi rekomendasi untuk memasaknya dalam waktu 4-5 menit yang menghasilkan tingkat kematangan medium rare sehingga tamu dapat benar-benar merasakan cita rasa optimal dengan tekstur tender dan juicy dari sajian daging tersebut.

Uniknya, pada saat daging di-grill akan ditambahkan apple wood chip ataupun cherry wood chip yang akan menambah aroma dan cita rasa smokey kepada daging. Selain premium cuts section dan dry aged section, terdapat berbagai pilihan appetizer menarik seperti Steak Tartare dan Cured Tasmanian Salmon.

Leave a Reply