Apa Itu Donat?

Sobat BARECA, kita bahas tentang donat yuk! Tidak hanya mengenal tentang donat, kita juga dapat melihat perbedaan donat di Indonesia, di Italia, dan di Jerman. Kira-kira apa saja ya perbedaan diantara ketiganya?

Apa itu donat?

Donat berasal dari kata doughnut untuk Beritish English atau donut dalam American English. Donat adalah produk pastry berbahan dasar tepung terigu dengan penambahan pengembang (biasanya ragi dan baking powder) yang dibentuk dengan tangan atau dicetak berbentuk cincin, dan dimatangkan dengan cara digoreng.

Donat ada pula yang tidak berbentuk cincin, berupa bulatan utuh atau ada yang berbentuk kotak. Variasi lain ada yang ditusuk seperti sate ataupun memanjang saja dan ditaburi cokelat meses atau keju parut dan disebut Long John. Setelah digoreng, donat diberi variasi topping di atasnya. Untuk yang tidak erbentuk cincin seringkali dalamnya juga diberi berbagai pilihan isian.

Apa bedanya donat Indonesia, Italia dan Jerman?

Donat Indonesia

Di Indonesia, masyarakat mengenal donat kampung yang hanya diberi baluran ising sugar / gula halus. Selain itu, juga ada donat kentang yang menggunakan tambahan kentang kukus ke dalam adonannya dan bertekstur empuk. Donat dengan topping  aneka rasa glaze disukai di Indonesia.

Donat Italia

Bombolone / bomboloni adalah sejenis donat dari Italia yang bentuknya bulat tanpa lubang di tengah. Adonan bombolone juga digoreng. Setelah matang, bombolone dibalur gula bubuk ataupun castor sugar, dan diisi dengan custard cream ataupun selai buah.

Donat Jerman

Berliner (Berliner Pfannkuchen) adalah produk pastry sejenis donat dari Jerman, tetapi tanpa lubang di tengah. Berliner dibuat dari adonan ragi bercita rasa manis yang juga dimatangkan dengan digoreng. Biasanya disantap dengan isian selai, marmalade, custard dan diberi icing sugar diatasnya.

Leave a Reply