Apa itu Kopi Luwak?

Apa itu Kopi Luwak?

Kopi Luwak adalah kopi yang diseduh dari biji kopi yang buahnya telah dimakan luwak dan diproses di dalam sistem pencernaan luwak, namun yang dicerna hanyalah kulit buahnya saja. Biji kopi yang masih terlindungi oleh kulit tanduk akan tetap utuh karena luwak memiliki pencernaan yang sederhana dan tidak mampu mencerna makanan yang keras.

Di dalam perut luwak terjadi proses fermentasi alami yang dibantu enzim proteolitik yang bertugas memecahkan protein yang ada dalam sisa makanan yang ditelan oleh luwak termasuk biji kopi. Proses fermentasi tersebut dapat meningkatkan kualitas rasa kopi, rasa kopi menjadi tidak pahit, kadar asam dan kafeinnya pun menjadi rendah.

Roasting Process

Perlakuan roasting pada biji kopi luwak tergantung profil dari biji kopi tersebut. Sebagai contoh: perlakuan roasting yang tepat pada kopi luwak arabika Gayo yaitu pada tahap medium roast, lain halnya dengan kopi luwak Bali yang lebih cocok di-roasting sampai tahap light roast.

Menyeduh Kopi Luwak

Menikmati kopi luwak sangat pas dengan teknik tradisional yaitu kopi tubruk. Selain itu dapat pula dinikmati dengan teknik pour over dimana kopi disaring dengan menggunakan filter kertas.

Leave a Reply