Bahan Baku Cheese Toast di Say Chiizu

Keju yang digunakan Say Chiizu sebagai bahan baku cheese toast yaitu mozzarella cheese yang berasal dari Hokkaido, Jepang. Keju mozzarella yang digunakan adalah keju yang telah mengalami proses pemisahan antara fat dengan kandungan susunya.

Fat atau kandungan lemak di dalam keju biasanya sekitar 80% dan kami kurangi menjadi 70%, agae sesuai dengan standar prosedur yang diberikan dari master franchise di Thailand. Proses pemisahan ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari, kejunya menjadi low fat dan rasanya tidak asin. Selain penggunaan keju berkualitas premium, roti yang digunakan juga made by order, menggunakan resep aslinya di mana tekstur dan rasa rotinya konsisten,” Andy menjelaskan.

Cheese toast disimpan di dalam freezer yang bersuhu -10° Celsius. Jika akan dipanggang, cheese toast dikeluarkan dari freezer dan dipindahkan ke-chiller yang bersuhu 10° Celsius, didiamkan selama 30 menit. Sesudah itu, baru cheese toast dimasukkan ke dalam oven selama 5-12 menit. “Jika keju mozzarella-nya tidak keras hanya membutuhkan waktu 5 menit di oven,” Andy mengucapkan.

Selanjutnya cheese toast diolesi dengan butter dan dipanaskan di-frying pan dengan api kecil supaya tidak gosong dan filling cheese toast melumer. Jika filling-nya sudah lumer barulah panas api dinaikkan supaya tekstur roti menjadi garing.

Mengonsumsi Cheese Toast

Andy menyarankan cheese toast segera dikonsumsi 2-3 menit setelah selesai dibuat guna mendapatkan tekstur keju yang stretchy saat ditarik maupun digigit. “Tekstur keju akan menjadi keras jika tidak langsung dikonsumsi, namun tak perlu khawatir, cukup panaskan sebentar dengan kompor menggunakan teflon atau menggunakan microwave dengan suhu 150-160° Celsius. Jika akan disimpan, sebaiknya disimpan di kulkas, paling lama 3 hari,” Andy menerangkan.

Di akhir perbincangan, Andy memberikan tips untuk menghasilkan foto cheese toast yang instagrammable. Sebaiknya gigit terlebih dahulu bagian atas roti lalu tarik pelan-pelan supaya kejunya tidak terputus.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya       

Leave a Reply