BARECA Team Partisipasi dalam Program Akselerasi 30 Food StartuP

Pada tanggal 11 sampai 22 Maret 2019 lalu, sebanyak 30 usaha tahap awal bidang boga (food startup) mendapat kesempatan mengikuti kegiatan FoodStartup Indonesia Accelerator yang diselenggarakan oleh Accelerice. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Accelerice Indonesia yang berada di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Bonnie Susilo dari Accelerice Indonesia, acara workshop yang diselenggarakan mencakup kegiatan on site dan on line. Untuk On line akan berlangsung pada periode April sampai Juni 2019.

Berbagai tema workshop diberikan kepada 30 Food Startup batch 1 ini yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas pelaku kreatif kuliner di bidang-bidang seperti Business Concept, Design Thinking, Value Proposition Canvas, Business Model Canvas, Marketing dan Branding, Packaging, Food Photography, Keuangan,  Pricing Structure, Food Ingredients & Kitchen Management, Food Safety, Distribution Management, Production Management, dan Scale Up Strategy.

BARECA Team berpartisipasi memberikan 2 materi workshop yaitu Food Marketing dan Food Photography. Untuk kelas Food Marketing disampaikan oleh Ir Petrus Gandamana, MM, yang menjelaskan konsep pemasaran pada usaha makanan dan minuman serta strategi dan taktik dalam menghadapi persaingan. Untuk kelas Food Photography disampaikan oleh Imam Saparisman dan Kanno Sardella yang menjelaskan mengenai teknik dasar penggunaan kamera, pencahayaan, sudut kamera, komposisi, styling tips, dan kegiatan praktik memotret produk makanan atau minuman mereka.

Para peserta workshop rata-rata berkomentar bahwa program akselerasi ini dibutuhkan bagi pemula bisnis yang ingin meningkatkan usahanya melalui peningkatan produksi, perluasan jaringan, dan penambahan keuntungan. Bonnie menjelaskan bahwa di tahun 2019, program seperti ini akan diadakan hingga 5 batch, dengan sistem kurasi terlebih dahulu. Pengajuan akan diumumkan melalui media sosial Accelerice seperti Instagram @accelericeindonesia,  FB Page : Accelerice dan LinkedIn : Accelerice Indonesia.

Ditulis            : Petrus Gandamana

Foto-foto       : Devi Kathina Rani

Leave a Reply