Bellevue Patisserie di GH Universal Hotel, Hadirkan Kenyamanan a La eropa

GH Universal Hotel Bandung adalah hotel bintang 5 yang terletak di utara kota Bandung, dekat dengan pusat pariwisata. GH Universal Hotel Bandung menghadirkan kemewahan dan kenyamanan a la Eropa dikelilingi suasana keindahan alam Bandung.

Gaya desain arsitektur Renaissance Italia terlihat unik dan berbeda dibanding hotel-hotel lain di Bandung, di mana garis dan lekuk bangunannya menjadi ciri khas GH Universal Hotel Bandung. Tiap detil dari bagian depan gedungnya diukir secara indah dan cermat dengan tangan. Bentuk klasik bangunan Eropa pada GH Universal Hotel Bandung semakin kuat dengan keberadaan enam kubah pada bagian atapnya. Salah satunya adalah Chapel of the Angels dengan pemandangan ke semua arah pengunungan dan kota Bandung.

Untuk pengalaman kuliner, bagi yang ingin menikmati hidangan lezat dalam suasana spektakuler, Belle Vue Elevate dapat menjadi pilihan karena berada di area rooftop lantai 5 dengan pemandangan panoramik 360 derajat kota Bandung.

“Belle Vue Elevate buka hingga 24 jam dengan menyajikan berbagai sajian khas Prancis dan Italia, berkonsep seperti French and Italian Bistro dengan a la carte menu seperti Poulet au Biere & Escargots Vol Au Vent,” Anti Purnamasari, Marketing Communication Manager GH Universal Hotel Bandung, membuka percakapan.

Signature Cakes

Belle Vue Elevate dan Bellevue Patisserie menjadi bagian dari F&B outlets di GH Universal Hotel. Tiramisu Cake, Blueberry Cheesecake dan Blueberry Almond Strudel menjadi ciri khas dan menu signature Bellevue Patisserie sekaligus dapat dinikmati sebagai dessert di Belle Vue Elevate.

Menurut Anti, banyak pelanggan yang menginap di GH Universal Hotel yang berasal dari luar Bandung maupun dalam Bandung membeli aneka cake tersebut. Anti menambahkan, jika 3 bulan sekali ada perputaran menu baru dengan menu lama dari 9 pilihan menu di Bellevue Patisserie.

Blueberry Almond Strudel dapat dijadikan oleh-oleh yang khas dan menjadi menu yang ready stock dibanding menu lain yang harus dipesan terlebih dahulu. Blueberry Almond Strudel, berbentuk persegi panjang dari lapisan puff pastry dengan isian dari blueberry jam, chilled cheese, diplomat cream, dan chocolate ganache.

Tiramisu Cake-nya menggunakan campuran kahlua coffee liqour, dengantiramisu mousse, dan base berupa lady finger. Sedangkan Blueberry cheesecake-nya terdiri dari baked cheese cake, dilapisi whipping cream dan crumble dough, serta ditutupi pada daerah atas dengan blueberry jam dan buah blueberry segar sebagai garnish. 

Bomboloni & Cronut

Tak kalah tenar dengan menu signature Bellevue Patisserie, menu bomboloni juga termasuk digemari oleh banyak pelanggannya. Jenis donat ini memiliki tampilan khas berupa taburan gula putih lembut.

Bomboloni adalah jenis donat yang berasal dari Italia, khas dengan berbagai pilihan isian di dalamnya. Jenis donat lainnya yang serupa dengan bomboloni adalah Berliner dari Jerman. Walau secara penampilan mirip, namun keduanya memiliki perbedaan karena pada komposisi adonan dasar bomboloni memiliki perasan lemon dan lemon zest,” Chef Tice Mega Rahayu atau biasa disapa Chef Tice, Pastry Chef GH Universal Hotel, menjelaskan.

Bomboloni yang dijual di Bellevue Patisserie, antara lain ada rasa Salted Caramel, Nutela, Tiramisu, Peanut, dan Green Tea.  Cita rasa yang tercicipi dari setiap bomboloni beragam,  seperti Nutela Bomboloni dan Greentea Bomboloni yang condong  ke rasa manis dan Salted Caramel Bomboloni yang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih.

Bellevue Patisserie juga memiliki produk cronut, yang merupakan kreasi inovasi dari Chef Dominique Ansel di Dominique Ansel Bakery, New York. “Cronut dibuat dari penggabungan 2 makanan yaitu croissant dan donat. Ketika cronut dibelah ada beberapa lapisan seperti lapisan yang ada pada croissant dan puff pastry lainnya,” Chef Tice menuturkan.

Cronut dari Bellevue Patisserie memiliki varian topping dan isian seperti cronut dengan isian banana cream yang dicampurkan dengan custard cream, lalu ada cronut dengan topping cinnamon & sugar dan isian custard cream, hingga cronut dengan isian chilled cheese cream yang menyerupai red velvet dengan warna merah dan biru, serta varian cronut lainnya.

Membuat Bomboloni dan Cronut

Semua produk pastry dan dessert yang disajikan di GH Universal Hotel dibuat langsung di dapur pastry-nya dan tidak menggunakan bahan pengawet. Menurut Chef Tice, dalam membuat bomboloni, menggunakan adonan dasar yang sama dengan adonan untuk cronut, namun tahap selanjutnya yang berbeda.

Setelah adonan bomboloni diaduk sampai kalis dengan tekstur elastis, adonan diproses ke tahap proofing dengan memakai proofer selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Kemudian adonan dibentuk sesuai kebutuhan. Dalam membuat cronut, sebelumnya adonan dimasukkan ke dalam lemari es untuk didinginkan terlebih dahulu agar memudahkan saat 5 kali proses laminasi dengan buttersheet. “Setelah fermentasi akhir, barulah bomboloni maupun cronut digoreng pada suhu sekitar 100-120°F hingga matang kedua sisinya,” Chef Tice menjelaskan.

Untuk menggoreng bomboloni maupun cronut, menurut Chef Tice, digunakan minyak padat atau frying fat untuk mengurangi rasa oily/berminyak pada bomboloni ataupun cronut yang sudah matang.

Lychee White Booster, Strawberry Mojito & Life Herbal Tea

Makanan dessert dan pastry yang manis tentu cocok untuk ditemani dengan minuman yang manis dan segar juga. Lychee White Booster dan Strawberry Mojito dapat menjadi pairing melengkapi manisnya bomboloni, cronut, dan aneka cake yang ada di Bellevue Patisserie.

Lychee White Booster diracik dari perpaduan antara vanilla ice cream, yoghurt, dan buah leci. Sedangkan Strawberry Mojito terdiri dari strawberry puree, mint, soda dan potongan lemon. “Kami juga menyajikan life herbal tea yang cenderung lebih hangat dan menenangkan rasa manis, dibuat dari racikan black tea, madu, dan jeruk,” demikian Chef Tice menutup percakapan.

Penulis & Foto: Maria Benita. A

Leave a Reply