Beragam Aplikasi Cream, Apa saja sih?

Beragam Aplikasi Cream

Sobat BARECA sudah tahu belum nama beberapa aplikasi cream yang sering digunakan dalam produk cream pastry? Biasanya ada yang digunakan untuk topping cake maupun filing choux. Kira-kira apa ya nama yang dipakai? Yuk kita cek sama-sama berbagai aplikasi cream!

Chantilly Cream

Dibuku Let’s Eat France! Oleh Francois-Regis Gaudry, disebutkan ada 4 hipotesa siapa penemu Chantilly cream / creme Chantilly, yaitu Chef Francois Vatel, Catherine de Medicis, Prince of Conde dan Baroness Marie Feodorovna.

Terlepas dari sejarahnya, saat ini Chantilly cream / creme Chantilly telah menjadi salah satu aplikasi cream yang banyak digunakan di dapur pastry.

Contoh Aplikasi:

Untuk topping aneka cake & pastry, seperti Pavlova, Saint Honore, Savarin, Baba au Rhum dan sebagainya.

Diplomat Cream

Secara definisi diplomat cream adalah cream bertekstur ringan, lembut, dan halus yang dibuat dari campuran pastry cream dan whipped cream. Diplomat cream juga disebut sebagai Creme Legere.

Contoh Aplikasi:

Selain untuk filing dari choux, diplomat cream dapat dijadian filing aneka cake, tarts dan pastry lainnya.

Creme Quenelle

Cream quenelle digunakan sebagai bagian dari dekorasi produk, seperti pada kreasi plated dessert. Cream quenelle juga bisa digunakan sebagai topping dekorasi di atas cake ataupun tart & tarlet.

Jika ingin membuat cream quenelle menggunakan dairy cream, sebaiknya ditambahkan 10 gram gelatin per 500 gram whipped cream.

Untuk non dairy cream, tidak perlu lagi ditambahkan gelatin. Whipped cream untuk membuat cream quenelle sebaiknya di-whipped hingga stiff peak.

Ada banyak ragam aplikasi cream pada produk desserts, contohnya Mousse, Creme Brulee, Panna Cotta dan sebagainya, dimana cream tersebut menjadi bahan baku utama, namun dengan perbedaan teknik pembuatan.

Contohnya pada Mousse, cream akan di-whipped dengan tujuan membentuk tekstur yang airy dan ringan.

Untuk Creme Brulee, cream akan dicampurkan dengan bahan lain lalu dipanggang dalam suhu rendah dengan metode au bain marie, sehingga teksturnya menjadi lembut.

Sedangkan, pada Panna Cotta, cream dimasak dengan bahan lain, dan kemudian didinginkan hingga set.

Leave a Reply