Biji Kopi Panama

Biji kopi Panama tak asing di telinga dan lidah penikmat kopi hingga para pelaku industri kopi di dunia serta Indonesia. Salah satu yang sangat dikenal dan juga menjadi primadona di sejumlah perlombaan kopi Internasional adalah varietas Panama Geisha. Candra, Roaster dari Northsider Coffee Roaster memiliki opininya terkait biji kopi Panama.

Karakter Biji Kopi Panama

Kepopuleran varietas Panama Geisha berasal dari karakter yang dimilikinya yakni aromatic, floral, fruity dengan clean after taste sehingga begitu diminati. Di balik keunggulan tersebut, Panama Geisha memiliki harga jual yang cukup mahal.

Menurut Candra, varietas Panama Geisha termasuk dalam lima biji kopi termahal di dunia dengan harga jual dalam bentuk green bean sebesar USD 50 sampai USD 100 per kilogram dan menyentuh USD 200 sampai USD 300 per kilogram setelah di-roasting.

“Panama Geisha ditanam pada ketinggian 1900 meter-2000 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki kualitas terbaik. Selain itu, Panama Geisha merupakan varietas yang tidak melalui proses kawin silang antar biji kopi, sehingga memiliki kualitas yang murni,” Candra menjelaskan.

Karakter yang diusung oleh Panama Geisha membuat biji kopi ini dapat diolah dengan beragam metode manual brew hingga espresso based. Sementara untuk proses roasting, Candra merekomendasikan light hingga medium light yang sangat cocok untuk biji kopi Panama. Menurutnya, pada proses tersebut dapat mengeluarkan karakter fruity yang lebih baik pada biji kopi Panama.

Opsional Panama Geisha

Meski ditanggapi sangat baik oleh masyarakat Tanah Air, Candra mengakui bahwa harga yang terbilang cukup mahal membuat para pelaku industri kopi menghadirkan sejumlah opsi varietas biji kopi Panama selain Panama Geisha.

Seperti yang dilakukan Candra dalam coffee shop yang ia jalankan bersama sang istri. Meski tidak menghadirkan varian Panama Geisha, ia meberikan opsi terbaik melalui varian Panama Casa Ruiz dan varietal Catuai – Caturra.

Jenis ini ditanam pada ketinggian lebih rendah dibandingkan Panama Geisha yakni 1600 meter–1800 meter di atas permukaan laut. Untuk karakter yang diusung dari jenis ini aromatic dan fruity serta sedikit clean after taste.

“Jika ingin mencoba karakter dari biji kopi negara lain yang hampir serupa dengan varietas Panama dapat memilih jenis biji kopi dari Guatemala dan beberapa tipe tertentu dari Kolombia,” Candra menuntaskan penjelasannya.

Penulis dan Foto: Raka Pradipta

Leave a Reply