Book Launching “UPPER” by Coach Indra Kurniawan

Di acara perayaan BARECA 8th Anniversary 2019, saat bersamaan dilaksanakan juga peluncuran buku / book launching Ultra Principles Perform Excellent Results atau UPPER yang ditulis oleh Coach Indra Kurniawan. Acara book launching dilaksanakan dalam sesi Talk Show antara Coach Indra Kurniawan dengan audiens yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi BARECA Magazine, Ir Petrus Gandamana, MM.

Dalam sesi Talk Show tersebut, Coach Indra—demikian akrab disapa, mengenang bagaimana dulu dirinya bukanlah sosok yang aktif dan mudah bergaul. Hal inipun diamini oleh Petrus, yang merupakan sahabat masa sekolahnya, karena saat di sekolah Coach Indra adalah pribadi yang tidak dikenal akrab oleh para sahabatnya.

“Saat itu saya adalah pribadi yang selalu merasa tidak nyaman jika berbicara dengan orang yang baru dikenal,” Coach Indra mengakui dengan tersenyum. Hingga tiba perubahan dalam  perjalanan hidup Coach Indra saat berkarier di sebuah perusahaan farmasi di kota Bandung sebagai seorang salesman.

“Sebagai seorang salesman pemula, banyak hal baru yang perlu saya pelajari. Tantangan terberat saya justru adalah sisi penghasilan saya yang berkorelasi erat dengan omset penjualan per bulan yang saya capai. Jadi jika ingin penghasilan tinggi maka saya harus meraih omset penjualan yang tinggi pula. Akibat karakter saya yang pemalu saat itu, maka setiap kali berkunjung ke toko pelanggan, saya selalu mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan,” kembali Coach Indra menuturkan. Tanpa memiliki skill menjalin hubungan baik dengan pelanggan, maka omset penjualan yang dicapai tentulah tidak maksimal.

Kondisi tersebut membuat Coach Indra berpikir bahwa dirinya tidak bisa terus menerus berharap pada keberuntungan yang datang tanpa dapat diperkirakan, namun dialah yang harus menciptakan keberuntungan setiap harinya. Bagaimana cara menghadirkan keberuntungan tersebut adalah melakukan proses kerja dengan lebih baik. “Proses kerja tidak akan mengkhianati hasil pencapaian,” demikian Coach Indra menjelaskan. 

“Dengan kata lain, saya harus memegang kendali keberuntungan dengan melakukan tindakan/action yang berbeda dari sebelumnya yang pasif. Hikmah yang saya dapatkan adalah jika ingin ada perubahan nasib, termasuk penghasilan, maka harus ada kesadaran untuk melakukan perubahan cara berpikir (mindset) dan tindakan pula untuk mencapai perubahan nasib tersebut,” Coach Indra menyampaikan lebih lanjut.

Perjalanan hidup Coach Indra inilah yang menginspirasinya untuk membuat konsep Ultra Principles Perform Excellent Results atau UPPER yang merupakan sebuah konsep kerangka (frame) berpikir untuk membangkitkan kesadaran akan anugerah potensi diri sehingga dapat melakukan proses transformasi perubahan yang berkesinambungan dan mencapai hasil yang terbaik.

Dalam sesi Talk Show, Coach Indra juga menyempatkan mengulas diagram UPPER yang terangkai dari poin-poin yang membentuknya, yaitu Frame Berpikir ACE (Awareness-Confident-Evaluation), Proses 3R (ReProgram-ReStart-ReEnergize), hingga Giving 3E (Empower-Experience-Extramile).

Dukungan dari keluarga, termasuk dari istrinya, Arleen, dan anaknya, Celine, serta para sahabat membuat Coach Indra merasa bersyukur bahwa kemajuan yang berarti dalam hidupnya terasa indah. Celine sang putri pun memberikan dukungannya dengan memberikan speech di book launching UPPER. Celine merupakan salah satu peserta ke-3 terbaik dalam sesi Public Speaking Mastery oleh Coach lain yang diikuti olehnya.

Acara book launching UPPER juga dilengkapi sesi Tanya Jawab dengan para tamu dan pemaparan program pelatihan holistik yang dirancang Coach Indra mulai dari Personal Mastery, Interpersonal Mastery, Leadership Mastery, How to Build Excellent Team dan juga Grab Your Audience.

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Fotografer: Hendri Wijaya dan Kanno Sardella

Leave a Reply