Cara Memasak Red Meat ala Spectrum Restaurant

Chef Bayu dari Spectrum Restaurant mengungkapkan beberapa trik untuk memasak red meat untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari sebuah hidangan red meat.

Daging bisa dimasak dengan berbagai teknik dan gaya masakan. Contohnya dalam cara marinasi daging, Western cooking cenderung memasak daging dengan bumbu yang sederhana yaitu garam, merica, dan terkadang ditambahkan herbs.

Sementara Asian cooking cenderung memarinasi daging dengan bumbu yang bermacam dan dalam waktu yang lama, contohnya menu Wagyu Maranggi di Spectrum yang harus dimarinasi selama satu malam agar bumbunya meresap ke dalam daging.

Menurut Chef Bayu, dalam memasak daging khususnya steak, tidak memerlukan bumbu yang berlebihan karena akan menghilangkan flavor daging itu sendiri. Chef Bayu mengatakan, jika teknik memasak daging juga ada berbagai macam, namun dalam memasak steak cukup dengan grilling, sous vide, atau searing (cara memasak dengan ketiga teknik ini dapat dilihat dalam artikel Teknik Memasak Steak).

Chef Bayu lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk mendapatkan tekstur daging yang maksimal, sebaiknya menghindari cara memasak daging yang cepat, lalu perhatikan cara penanganan daging dari butchery sampai di dapur.

Untuk memasak lamb, menurut Chef Bayu lebih baik memasak dengan teknik grilling karena lamb memiliki kandungan lemak yang lebih banyak yang membuat lamb menjadi juicy.

Steak Night dan Beberapa Event di Spectrum

Spectrum mengadakan kegiatan reguler yang digelar pada akhir pekan, yaitu Steak Night, Seafood Night, dan Brunch. Steak Night dan Seafood Night dibuat dalam rangka memenuhi keinginan para pecinta daging dan seafood yang ingin mencicip buffet dengan menu steak dan seafood yang lebih luas.

Steak Night diadakan setiap hari Jumat malam, dan tamu bisa memilih potongan daging yang mereka inginkan dan akan dimasak langsung oleh chef yang bertugas. Potongan daging yang disajikan juga berbeda dengan yang disajikan dalam buffet biasa.

Seafood Night juga mengusung konsep yang sama dengan Steak Night, namun diadakan pada hari Sabtu malam. Khusus di hari Minggu, Spectrum menyajikan Brunch dengan pilihan makanan yang lebih banyak di mana terdapat macaron trolley, caviar trolley, dan nitrogen dessert. Dalam rangka perayaan Imlek pada bulan Januari 2020 ini, Spectrum akan mengadakan Chinese New Year Eve Dinner & Brunch dengan menyajikan Yi Shang serta masakan Chinese lainnya.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply