Cermat Dalam Memilih Mesin Espresso

Edward Samudro

Mesin Espresso Kompeten untuk Rasa Kopi yang Konsisten

Jika berkunjung ke beragam coffee shop, pastilah tidak asing lagi dengan beberapa pilihan penyeduhan kopi seperti Plunger (French Press), Drip V60, Syphon, dengan mesin espresso, dan sebagainya.

Pembuatan minuman kopi dari espresso base dengan menyeduh menggunakan mesin espresso merupakan metode penyeduhan kopi yang belum tergantikan dari waktu ke waktu; dari sebuah ekstrak kopi—espresso base, seorang Barista dapat mengkreasikan sebuah minuman kopi yang nikmat.

Untuk mendapatkan espresso yang baik tentunya dibutuhkan mesin espresso yang mumpuni dalam menghasilkan espresso base. Dalam pembahasan ini, BARECA Magazine berkesempatan berbincang bersama Edward Samudro, Managing Director PT Mesin Kopi Espresso. Diharapkan informasi yang disampaikan dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat.

Mengapa Menggunakan Mesin Espresso?

“Menggunakan mesin espresso ataupun alat manual adalah pilihan dari penggunanya. Tapi menggunakan mesin espresso tentunya akan membuat kopi yang dibuat lebih konsisten dari segi rasa,” Lelaki yang akrab disapa Edward ini membuka percakapan sambil memperlihatkan mesin espresso miliknya.

Edward kembali menjelaskan bahwa mesin espresso sendiri memiliki tiga tipe, yaitu single group, double group, dan triple group. Masing – masing tipe ini tentunya memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyajikan jumlah espresso dalam setiap satu harinya.

“Yang patut diperhatikan adalah mesin tersebut memiliki double boiler. Fungsinya sendiri adalah untuk memudahkan para Barista dalam melakukan proses steaming susu dan membuat espresso dalam waktu yang bersamaan, dengan temperatur yang dapat disesuaikan,” Edward menuturkan.

Edward juga berpendapat bahwa mesin dengan double boiler lebih mampu menjaga konsistensi rasa, maupun dari sisi daya tahan penggunaannya. Tentunya konsumen ataupun Barista menginginkan kopi dengan kualitas yang konsisten setiap harinya.

Cermat Memilih Mesin Espresso

Mesin espresso sendiri sebenarnya dapat dikatakan sebagai sebuah investasi yang mempunyai nilai, mengingat harganya yang tidak murah, dan tentunya dari kita pasti bertanya – tanya: bagaimana cara memilih dan membeli mesin espresso yang tepat?

Edward mengatakan bahwa seorang pembeli harus memahami apa kebutuhannya; apakah untuk digunakan dalam skala rumahan/perkantoran, gerai kopi skala kecil ataupun besar.

“Sebelum mendirikan coffee shop dan membeli mesin espresso, sebaiknya melakukan market study. Bertanyalah kepada para pemilik coffee shop yang gerainya memiliki konsep sesuai standar yang diinginkan. Tanyalah kepada mereka, mengapa menggunakan mesin A, bagaimana performa dari mesin A, dan kenapa mereka membeli mesin di toko A? Penjual mesin espresso adalah orang terakhir yang ditanya,” Edward memberikan tips.

Bagi Edward, canggihnya sebuah mesin espresso haruslah diiringi dengan pengetahuan dan skill yang dimiliki oleh seorang Barista. Edukasi terhadap Barista mengenai cara menggunakan mesin espresso ataupun mengenai rasa kopi yang ia gunakan saat itu, juga sangat penting dan dapat menjadi suatu kolaborasi yang sempurna jika didampingi dengan equipment yang juga kompeten.

“Membeli mesin espresso itu layaknya membeli sebuah mobil, harus teliti, perhatikan suku cadangnya, maintenance, dan lebih baik menggunakan yang sudah banyak dipakai banyak orang,” Edward menjelaskan sambil tersenyum.

Kebersihan Mesin Espresso

Edward juga menekankan pada pentingnya menjaga kebersihan mesin espresso. Tiga hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan area di mana mesin espresso itu diletakkan, group head, dan juga tray. Seorang Barista dan pemilik coffee shop juga harus mengerti dalam penggunaan barang – barang yang menunjang seperti handuk yang dipakai di mesin espresso sesuai dengan standar sebuah coffee shop.

“Sebelum coffee shop seramai sekarang, mesin – mesin espresso sudah digunakan di individual coffee shop yang benar – benar menggeluti kopi. Namun sekarang sudah banyak retail coffee chain atau sekadar untuk aplikasi rumahan/perkantoran yang menggunakan mesin espresso. Dunia kopi memang semakin ramai dan semakin seru,” Edward menutup penjelasannya.

Leave a Reply