chef Achen, Mengenai Kue Lapis Legit dan Lapis Surabaya


Kue Lapis Legit dan Lapis Surabaya adalah kue-kue yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Selain rasanya yang sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia, kue-kue ini juga menjadi produk populer dalam usaha bakery. Kali ini Bareca bersama dengan Ny Chendrawati atau yang dikenal dengan Chef Achen, praktisi dari Ny Liem membagikan tips dalam membuat kue lapis legit dan kue lapis surabaya.

Lapis Legit

  1. Fungsi telur dan lemak dalam kue lapis legit

Banyak resep kue lapis legit memakai kuning telur dengan jumlah yang cukup banyak, meskipun ada beberapa resep juga yang memakai telur utuh. Biasanya kue dengan banyak kuning telur dapat melembutkan kue dan dapat bertahan lama.

Sementara lemak (butter atau margarin) berfungsi agar kue tidak kering atau lembab (moist). Maka tidak heran kue lapis legit memiliki tekstur yang moist.

  • Bumbu Spekoek

Bumbu spekoek biasanya terdiri dari kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Jika ingin membuat bumbu spekoek, perbandingan rempah-rempahnya tergantung oleh selera si pembuat. Bumbu spekoek tidak wajib digunakan untuk membuat kue lapis legit, bumbu tersebut bisa tidak digunakan misalnya dalam membuat lapis prunes.

  • Daya tahan dan tips

Kue lapis legit dapat bertahan selama 10 hari di suhu ruangan dan 3 bulan dalam chiller (chiller harus bersih dan tidak penuh).

Dalam membuat lapis legit, perhatikan cara memanggangnya. Panggang dengan api yang sedang. Cara memanggang yang salah dapat menghasilkan kue lapis legit yang kurang maksimal.

  • Variasi Lapis Legit

Tidak hanya model kue lapis legit pada umumnya, kue lapis legit juga dapat dikombinasikan dengan kue lain atau dibuat bentuk lain. Contohnya marble legit cake (gabungan lapis legit dengan marble cake) atau brownies legit cake (gabungan brownies dan lapis legit).

Kue Lapis Panggang (Lapis Surabaya, Lapis Malang/Spikoe, dan Lapis Mandarin)

  1. Tips

Perhatikan cara pengocokan bahan ,jangan mengocok sampai terlalu mengembang karena dapat menghasilkan kue yang lembek dan volumenya turun. Selain itu perhatikan juga cara memanggangnya, panggang kue lapis diatas dengan api atas bawah dalam suhu 180⁰C selama ±30 menit.

2. Penambahan flavoring dan pewarna

Sebaiknya masukan flavoring dan pewarna sebelum memasukan lemak (butter atau margarin).

Penulis: Alvina Wikarna

Foto: Dok. Ny Liem

Leave a Reply