Chef Hari Susanto, Pendapat Tentang Buffet

BARECA Magazine sempat berbincang dengan Chef Hari Susanto, Sous Chef dari hotel Pullman Jakarta Central Park, mengenai apa yang dimaksud dengan buffet. Menurut Chef Hari, buffet adalah penyajian makanan full course yang terdiri dari beberapa variasi menu appetizer sampai dessert yang langsung disajikan dan tamu dapat mengambil sendiri sepuasnya.

Diinformasikan oleh Chef Hari, dalam penyajian buffet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Makanan panas harus diletakkan di atas induction atau serving dish dan makanan yang dingin disajikan di atas es.
  2. Full buffet menyajikan makanan full course meal, sedangkan beberapa buffet khusus seperti buffet pada high tea menyajikan makanan ringan dengan porsi yang kecil.
  3. Buffet lainnya seperti untuk cocktail dinner merupakan jenis small buffet yang menyajikan makanan seperti canapé dan umumnya makanan yang disajikan pada cocktail dinner ditujukan sebagai makanan ringan pendamping minuman beralkohol.
  4. Makanan yang akan disajikan pada buffet hendaknya selalu baru. Makanan dapat disajikan di ruang terbuka selama maksimal 2 jam. Jika makanan yang disajikan di buffet berada di luar ruangan atau di ruang terbuka selama lebih dari 2 jam, sebaiknya makanan segera diganti atau di-refill dengan yang baru.
  5. Untuk menentukan porsi penyajian makanan pada buffet, dilihat dari jumlah tamu yang datang.
  6. Jika buffet menyediakan cheese platter, sebaiknya setiap dinner service selalu diganti karena bentuk akan berbeda.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply