Chef Hendri Darmawan, Tips Penggunaan Berries dalam Cake

Menggeluti dunia pastry selama 20 tahun membuat Chef Hendri Dharmawan, pastry chef dari Asia Restaurant, memahami hal yang patut diperhatikan saat menggunakan berries dalam membuat produk cake. Berikut beberapa poin yang ia bagikan seputar berries.

  • Penggunaan berries dalam bentuk puree lebih cocok karena memiliki konsistensi dalam kualitas rasa dan tekstur. Produk buah berries asli masih memiliki biji-biji yang terdapat di dalam dan luar buah yang dapat menghasilkan rasa Hal serupa juga dapat ditemui dalam frozen fruit.
  • Berries merupakan jenis buah yang berair, sehingga proses pemanggangannya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Usahakan untuk terlebih dahulu memasak berries dibandingkan memanggangnya bersamaan dengan adonan karena dapat mempengaruhi karakter dan volume dari adonan.
  • Berries sangat cocok dipadukan dengan keju dan karamel. Hal ini dikarenakan dapat mempertemukan rasa creamy dan sour sehingga memberikan efek rasa tangy juga
  • Tart, Cheesecake, dan Fruit Cake merupakan jenis cake yang sangat cocok jika menggunakan dan menyertakan berries di dalamnya.
  • Selain cake, berries juga dapat diaplikasikan dalam beragam aplikasi sorbet, ice cream, praline, jelly hingga aneka saus.

Penulis: Raka Pradipta

Foto: Dokumentasi The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Leave a Reply