Chef Jamhari, Tentang Teknik Dekorasi Cokelat

Chef Jamhari menggunakan baik compound chocolate maupun couverture chocolate dalam aplikasi dekorasi cokelat tergantung keperluan pada setiap cake-nya. “Semakin kompleks maka semakin indah. Detil dan terlihat elegan adalah yang utama, ditambah pemilihan warna dekor terhadap cake-nya. Secara visual enak dipandang, bahkan orang merasa sayang untuk memakannya,” Chef yang memenangkan 1st  Winner Jakarta Chocolate Expo for French Pastry Category (2005) dan 3rd Winner of Salon Culinary for Category Birthday Cake Decoration ini menuturkan.

Chef Jamhari juga berbagi beberapa teknik aplikasi yang digunakannya untuk menghias cake dengan cokelat, diantaranya :

  • Teknik Carving

Teknik ini menggunakan pisau ukir dan segala macam pisau kecil. Teknik ini memiliki tingkat kesulitan tertinggi diantara teknik lainnya.

  • Teknik Drawing/Painting

Teknik ini menggunakan kuas untuk menggambar atau mengikuti pola yang sudah ada.

  • Teknik Cutting

Setelah proses cutting (membuat motif), cokelat harus ditiban dengan beban agar tidak melengkung. Setelahnya dapat ditaruh di chiller (Suhu ≥5˚C) selama 20-30 menit.

  • Teknik Chocolate Modeling/Plastic

Teknik membuat model cokelat yang dibentuk menjadi berbagai wujud. Aplikasinya mirip seperti fondant.

  • Teknik Slab

Lempengan cokelat yang dapat dipatahkan sesuai keinginan. Dapat dipatahkan atau dipotong menjadi bentuk kotak, bulat, segitiga, dan semacamnya.

Di akhir wawancara, Chef Jamhari juga berbagi trik menempelkan dekorasi cokelat pada cake dengan mudah, yaitu dengan menggunakan cool spray for chocolate dan glanz fix yang disemprotkan untuk membuat hiasan lebih mengkilap.

Penulis : Yohanes Christ

Fotografer : Hendri Wijaya



Leave a Reply