Chef Jamhari, Tips membuat Dekorasi Cokelat

Berawal dari kecintaannya akan cokelat selama hampir dua dekade, Chef Jamhari, Senior Pastry Sous Chef Bandara International Hotel managed by Accor, bercerita kepada BARECA Magazine mengenai dekorasi cokelat pada cake. “Cokelat merupakan bahan yang unik, penuh tantangan dan kesulitan tinggi,” Chef Jamhari membuka percakapan.

Pria kelahiran 41 tahun silam ini mengaku untuk membuat kreasi cake dan dekorasi cokelat dengan kualitas terbaik harus memiliki konsep, mood yang sangat baik, serta fokus yang tinggi. “Orang bisa membuat dekorasi cokelat, namun tidak banyak yang hidup dan bercerita pada setiap kreasinya. Dalam membuat kreasi dekorasi dari cokelat, harus memiliki sense of art,” Chef Jamhari yang memiliki tiga anak ini, menuturkan.

Lebih lanjut, Chef Jamhari pun dengan senang hati berbagi tips membuat dekorasi cokelat, sebagai berikut:

  1. Dalam penggunaan cokelat sebagai bahan dasar dan dekorasi butuh penanganan khusus, baik couverture chocolate maupun compound chocolate.
  2. Idealnya couverture chocolate digunakan untuk pembuatan cake, sedangkan compound chocolate untuk dekorasinya. Namun, ada juga yang menggunakan couverture chocolate untuk dekorasi, tetapi harus memiliki chocolate room yang bagus untuk pengerjaannya.
  3. Karena cokelat sangat sensitif, pengerjaan dekorasi cokelat harus dilakukan di dalam chocolate room bersuhu 5˚ C, dengan sebelumnya menyesuaikan suhu tubuh dengan cokelat itu sendiri selama 5-10 menit di dalam ruangan ini.
  4. Suhu untuk proses pelelehan compound chocolate tidak boleh terlalu panas (maksimal 40˚C). Saat melelehkan cokelat jangan semua dicairkan bersamaan. Cokelat dilelehkan di dalam wadah tahan panas yang ditaruh di atas panci berisi air yang dipanaskan (au bain marie).
  5. Chocolate Transfer Sheet juga bisa digunakan untuk membuat motif hiasan cokelat untuk mempercantik dekorasi cokelat.

Penulis : Yohanes Christ

Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply