Chef Lanny Soechan tentang Teknik Creaming Method

Creaming method adalah metode pembuatan cake dengan mengocok fat/lemak seperti butter ataupun margarin dengan gula, sampai fat/lemak berubah warna lebih pucat dengan tekstur mengembang.

Metode ini diterapkan dalam berbagai jenis cake contohnya butter cake, marble cake/cake marmer, bundt cake, dan juga diterapkan dalam pembuatan cookies. BARECA bersama dengan Chef Lanny Soechan, Senior Baking Instructor dari San Merio, akan membahas tips dan trik membuat cake yang menggunakan creaming method, yaitu butter cake dan cake marmer. Berikut pembahasannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Butter Cake dan Cake Marmer

Menurut Chef Lanny Soechan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat butter cake dan cake marmer yang maksimal, yaitu:

  1. Komposisi resep: perhatikan komposisi resepnya. Carilah resep yang tepat agar hasil akhir cake tidak berkerut atau berpinggang.
  2. Temperatur oven: perhatikan temperatur oven ketika memanggang karena kondisi tiap oven berbeda. Idealnya cake dipanggang di suhu 170⁰C selama 15 menit, setelah cake mulai mengembang naik, turunkan ke suhu 160⁰C dan panggang selama 45 menit (dengan catatan menggunakan loyang berdiameter Ø24 cm, loyang untuk cake marmer yang berlubang di bagian tengah).
  3. Polesan loyang yang merata: agar cake tidak menempel pada loyang dan keluar dengan utuh, oles dengan shortening dan taburi sedikit tepung

Penulis: Alvina Wikarna

Foto: Dok. BARECA

Leave a Reply