Chef Prasetyo Widodo, Poin penting dalam menyajikan buffet

Berbicara mengenai buffet, Chef Prasetyo Widodo—Chef de Cuisine dari Signatures Restaurant Hotel Indonesia Kempinski, menjelaskan mengenai apa itu buffet dan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyajikan buffet. Berikut kesimpulan yang diambil oleh BARECA Magazine:

  1. Buffet adalah penyajian varian makanan yang terdiri dari appetizer, salad, main course, dessert dan buah yang terdiri dari berbagai jenis masakan seperti masakan Indonesia, Jepang, Asia, Barat, dan lain-lain, yang disajikan kepada tamu untuk bisa memilih makanan yang sesuai dengan selera masing-masing.
  2. Penataan buffet sebaiknya jangan membuat tamu repot dan bingung, khususnya tamu first timer. Sebaiknya makanan juga dikelompokkan sesuai dengan jenis masakannya.
  3. Dalam standar food hygiene dan safety, makanan panas maksimal berada pada ruangan terbuka selama 2 jam. Setelah 2 jam, makanan harus diganti dan diisi kembali dengan makanan baru. Makanan yang telah dipajang tidak boleh disajikan kembali.
  4. Untuk makanan dingin seperti salad, buah potong, atau seafood yang disimpan di atas suhu 8⁰C, sebaiknya segera diganti jika sudah berada 2 jam di ruangan terbuka.
  5. Makanan seperti buah yang belum dipotong, roti, atau keju dapat diolah kembali dalam bentuk yang sudah dimasak. Contohnya salak dapat dimasak menjadi fruit compote atau roti baguette dapat dijadikan sandwich.
  6. Selain dari jumlah reservasi, dalam menentukan jumlah porsi makanan yang akan disajikan di buffet bisa dilihat dari makanan apa yang menjadi favorit tamu. Jika tamu lebih menyukai satu menu dibandingkan menu lainnya, porsi dapat ditambahkan. Penentuan porsi juga bisa melalui tipe tamu yang datang, jika banyak tamu pekerja kantor maka makanan yang cepat saji bisa ditambahkan porsinya.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply