Cold Pressed Juice a la Oranje Juicery

Jus buah yang menggunakan juicer biasa umumnya mengekstrak jus dari buah dengan pisau berkecepatan tinggi. Pisau yang berputar dengan kecepatan tinggi akan menghasilkan panas yang dapat merusak enzim buah serta mengurangi gizi buah. Sedangkan mesin cold pressed juice bekerja dengan cara melumatkan buah untuk mengeluarkan sarinya sehingga enzim buah dan gizi yang terkandung di dalam buah akan tetap terjaga. 

Cold pressed juice menggunakan slow press juicer yang bertekanan tinggi, namun panas yang dihasilkan sangat minim. Karena minimnya panas yang dihasilkan, kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur akan tetap terjaga,” Pricillia menjelaskan.

Rasa buah dan sayur pada cold pressed juice juga lebih murni, segar, dan tanpa buih seperti jika menggunakan juicer biasa. Karena itulah cold pressed juice umumnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi karena kemurniannya dan harga mesinnya yang cukup mahal. Namun, bagi yang ingin mendapatkan serat buah dan sayur, memakan langsung buah dan sayur akan mendapatkan kandungan serat yang lebih banyak.

Menurut Pricillia, semua buah pada dasarnya dapat dijadikan cold pressed juice, dan untuk jenis sayur umumnya sayur yang banyak digunakan yaitu kale, bayam dan pakcoy.

Cold Pressed Juice a la Oranje Juicery

Menu yang ada di Oranje Juicery terinspirasi dari berbagai hal, diantaranya buku kesehatan yang pernah dibaca oleh Pricillia, pengetahuan yang didapat dari penjelajahannya di dunia maya serta dari pengalamannya saat mengunjungi beberapa negara.

Pilihan menu cold pressed juice yang dapat dinikmati di Oranje Juicery yaitu Eyes on You yang menggoda, merupakan perpaduan orange, wortel, pear dan gojiberry.  Lalu ada Imune Boost yang merupakan perpaduan orange, lemon, pepaya dan turmeric atau kunyit. Eyes on You dan Imune Boost memberikan manfaat kesehatan dalam menjaga daya tahan tubuh, bagus untuk proses pemulihan dan penyembuhan, memelihara kesehatan mata, dan mampu menurunkan berat badan.

Ada pula Ever Groen yang rasanya segar; perpaduan kale, nanas, apel, pear, dan juga mentimun yang berkhasiat menurunkan berat badan, memperbaiki pencernaan, kaya antioksidan, dan berfungsi sebagai detoksifikasi.

Selain itu, ada Apple Jack , Sunset Beach, Groen Harmony, Star Groen, dan Beet Me Up yang mampu meningkatkan stamina, meningkatkan aliran darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

Cold pressed juice dapat disimpan di kulkas (lemari pendingin) paling lama 72 jam atau 3 hari setelah pembuatan. Namun, Pricillia mengungkapkan, sebaiknya cold pressed juice dikonsumsi tidak lebih dari 24 jam untuk mendapatkan kualitas rasa yang terbaik.

Sebaiknya cold pressed juice dikonsumsi paling banyak 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari. “Dengan diiringi dengan porsi makan normal, mengonsumsi cold pressed juice sebanyak 250-500 ml per hari sudah cukup,” Pricillia menyarankan.

Varian Menu Oranje Juicery

Konsep menu yang ada di Oranje Juicery tidak hanya menyajikan cold pressed juice, namun juga tersedia healthy food seperti smoothies bowl, balance bowl dan smoothies drinks, ada pula rice bowl and snacks bagi pecinta menu nasi. “Kami membawa konsep live life in balance di mana makanan dan minuman yang kami sediakan beragam supaya dapat dinikmati oleh berbagai kalangan,” Pricillia mengatakan.

Menu smoothies bowl merupakan frozen fruits yang di-blend dan diberi topping superfood, beberapa diantaranya yaitu Acai Berry Sunrise, Pitaya Moon, Green Soursop, dan masih banyak lagi. Sedangkan balance bowl yaitu terdiri dari based, protein, toppings, dressing dan crunch. Pilihan balance bowl diantaranya yaitu Meat Me Honey, BTS, Tuk Tuk dan masih banyak lagi.

Free Delivery Area Gading Serpong

Normalnya Oranje Juicery buka setiap hari dari Senin sampai Minggu sejak jam 8 pagi hingga 9 malam. Selama masa penanganan pandemi Covid-19 ini, Oranje Juicery buka dari hari Senin sampai Sabtu jam 10 pagi hingga 5 sore dan memberlakukan free delivery area Gading Serpong. Untuk menu yang tersedia, Oranje Juicery fokus pada menu protein to go, pun begitu konsumen dapat menikmati semua menu yang ada di Oranje Juicery.

Meski mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku, namun Oranje Juicery tetap mengupayakan yang terbaik bagi konsumennya. Oranje Juicery juga memperhatikan kebersihan para pegawainya serta kebersihan area café dan dapur, packaging makanan juga diberi segel yang aman supaya terjaga kehigienisannya selama proses pengiriman.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Dokumentasi Oranje Juicery

Leave a Reply