Conflate, Usung konsep American Cake

Berawal dari hobi baking, Fella Octari melanjutkan pendidikannya di Le Cordon Bleu, Sydney, Australia. Pemegang gelar akademik Advanced Diploma in Hospitality Management (Patisserie) ini pun memutuskan mendirikan usaha daring Conflate pada bulan Mei 2015. ‘American cake’ dipilihnya menjadi konsep usaha.  

Death by Chocolate & Bake That Cheese

Death by Chocolate adalah signature cake di Conflate. Ada 4 layers flourless chocolate cake yang tebal berlapis chocolate ganache sebagai filling dan frosting-nya. Fella memutuskan menggunakan Extra Bitter Dark Couverture Chocolate 64% dari Belgia untuk mendapatkan sensasi rasa cokelat yang lebih pekat, dengan keseimbangan rasa manis dan pahitnya.

Selain Death by Chocolate, Drunken Cake dan Nuts About You, juga menjadi favorit para pelanggannya. Melengkapi varian cake-nya, Fella juga menambahkan menu baked cheesecake, yaitu Bake That Cheese.

Lapisan tebal cheesecake base, terdapat baik di bagian bawah maupun sekeliling cheesecake. Cheesecake base-nya dibuat dari campuran crumbs biskuit dan mentega (butter).

Untuk Bake That Cheese, Fella mengaku menggunakan cream cheese asal brand Prancis yang beredar di pasar Tanah Air. Tekstur Bake That Cheese yang padat, namun lembut saat disantap tersaji apik dengan cita rasa keju yang rich, dan paduan manis juga asam segarnya terbilang seimbang.

Fella mendekorasi Bake That Cheese menggunakan bunga segar, tanpa topping apapun karena ingin lebih menonjolkan cita rasa kejunya. “Bunga untuk dekorasi ini tidak edible, tetapi saya bekerja sama dengan florist yang membantu memilihkan bunga segar apa yang masih aman untuk menjadi dekorasi cake. Bunga-bunga ini juga sudah dibersihkan terlebih dahulu,” Fella menuturkan.

Tips Membuat Cheesecake

Menutup percakapan, Fella dengan senang hati berbagi tips singkat membuat cheesecake, yang telah dirangkum dalam beberapa poin, sebagai berikut:

  • Bahan baku utama cheesecake yaitu cream cheese sangat berperan penting dalam membentuk rasa cheesecake, jadi gunakan cream cheese berkualitas baik hingga premium.
  • Sebelum membuat adonan cheesecake, lunakkan cream cheese di suhu ruang terlebih dahulu, dengan begitu hasil adonan akan halus yang akan memaksimalkan tekstur cheesecake-nya.
  • Untuk cheesecake berukuran diameter 22cm, Fella memanggangnya selama 65 menit di dalam oven bersuhu 150°C tanpa metode au bain marie. Jika menggunakan suhu di atas 150°C, dapat menggunakan metode au bain marie untuk mencegah permukaan cheesecake menjadi crack.
  • Saat memanggang cheesecake, sebaiknya tidak sampai set/memadat sepenuhnya; di bagian pinggirannya sudah set/memadat, namun di bagian tengahnya belum sepenuhnya set/memadat.
  • Cheesecake yang sudah matang dan telah dikeluarkan dari oven, didiamkan terlebih dahulu di suhu ruang sampai agak dingin lalu dimasukkan ke dalam freezer sampai sekitar 6 jam. Setelah itu, baru dikeluarkan dari loyang untuk disajikan.

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply