Cornelius Swangga, Mengenal Cita Rasa Kopi dengan Tips Penting Mengenai Kopi


Di edisi Mei 2019 ini, BARECA berdiskusi dengan Cornelius Swangga atau Angga, pemilik Kopikina, mengenai apa yang dimaksud dengan single origin coffee hingga mengenal cita rasa kopi secara umum dan beberapa tips penting lainnya. Angga sendiri telah mempelajari kopi dan berbisnis di bidang kopi selama kurang lebih 5 tahun. Berikut penjabarannya.

Apa Itu Single Origin Coffee?

  • Secara harfiah, single origin coffee adalah kopi yang berasal dari satu area yang homogen. Dalam konteks ini homogen bisa bermakna luas atau sempit tergantung dari si penjual kopi tersebut. Misalnya single origin berasal dari satu kampung yang sama atau satu pegunungan yang sama.

Cita Rasa Kopi secara Umum

  • Kopi memiliki cita rasa yang kompleks. Bagi orang yang pertama kali mencicipi kopi mungkin cita rasa yang didapat hanya asam saja. Namun, dibalik rasa asam tersebut ada spektrum rasa luas di dalamnya seperti rasa nanas, caramel, lemon, dan lain-lain. Untuk dapat bisa merasakan cita rasa tersebut, seseorang harus terbiasa mencicipi kopi.
  • Cita rasa dari kopi ini didapatkan dari proses yang dilalui biji kopi tersebut, mulai dari proses menanam, pemetikan, proses pasca panen, dan proses roasting-nya. Misalnya lama waktu roasting green bean akan menghasilkan rasa yang berbeda. Atau biji kopi yang ditanam sebagian terkena matahari dan sebagiannya hanya sedikit terpapar sinar matahari. Bagian yang sedikit terkena sinar matahari biasanya akan menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang lebih manis karena menyimpan banyak glukosa di dalamnya.

Leave a Reply