Cyril Calmet, Kuliner Prancis dan Tips Singkat Mengolah Escargot

Cyril Calmet yang telah memulai karirnya sejak muda di Prancis, mengakui terus mendalami ragam kuliner seiring perjalanan karirnya, khususnya classic French food yang sangat dikuasainya. Karirnya kini berlanjut sebagai Executive Chef di Lyon Restaurant, Mandarin Oriental Jakarta.

Baginya, kuliner negara Prancis itu sangat unik karena berbeda-beda di setiap daerahnya. Masing-masing daerah memiliki keunikan dari berbagai jenis bahan yang dibuat hingga rempah-rempah yang dipakai.

“Tidak hanya dalam keseharian, saat merayakan acara khusus seperti hari Nasional negara Prancis, Bastille Day, beberapa daerah merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga di luar rumah, membuat barbeque dan minum wine. Namun, ada pula beberapa yang hanya menyediakan roti, wine, dan banyak sekali keju untuk merayakan Bastille Day,” Cryil menjelaskan kepada BARECA Magazine.

Salah satu masakan klasik khas Prancis ialah Escargots. Dalam mengolah menu dengan bahan utama ‘bekicot’, Cyril memberikan tips khusus untuk para pembaca BARECA Magazine:

  1. Pastikan bahwa escargot dan bumbu dimasak dengan wadah yang terpisah.
  2. Escargot yang telah dicuci bersih kemudian dimasak dengan kaldu hingga matang.
  3. Escargot baru akan dimasak dengan bumbu yang sudah dibuat jika akan segera disajikan.

 

Penulis: Ajeng Ziana Walidah

Fotografer: Dwi Ratri Utomo

Leave a Reply