Daya Tarik Minuman 1 liter di Moven Coffee

Menurut Jeffry, salah satu daya tarik Moven Coffee adalah kopi susunya yang merupakan minuman best seller dan juga menjadi signature drink dari Moven Coffee. Kopi Susu Moven dibuat dari espresso, susu pasteurisasi, dan gula aren. Cita rasa dari kopi yang khas, creamy, rasa kopi yang strong, dan long after taste.

Jeffry menjelaskan bahwa coffee beans yang dipakai untuk minuman kopi di Moven Coffee disebut Moven Blend. Moven Blend terdiri dari 70% kopi Arabica dari Flores dan 30% kopi Robusta dari Lampung, dengan flavor notes dark chocolate, cocoa powder, bitter sweet, dan long after taste.

Kopi Susu Moven disajikan dalam bentuk cup dan pada masa PSBB lalu, Kopi Susu Moven dikemas dalam kemasan 1 liter dan 500 ml. Terdapat dua varian minuman kopi lain yang dikemas dalam kemasan 1 liter dan 500 ml dan saat ini masih dijual di Moven Coffee, yaitu Kopi Susu Rhum dan Kopi Susu Pandan.

Bagi mereka yang ingin minuman non coffee, Moven Coffee menyajikan beberapa minuman non coffee pilihan seperti Ice Chocolate, Lotus Caramel, dan Rhum Regal. Ice Chocolate juga dijual dalam kemasan 1 liter dan 500 ml.

Meskipun beberapa minuman Moven Coffee menggunakan rhum, namun rhum yang digunakan berupa sirup (bukan rhum asli) sehingga minuman tersebut tidak mengandung alkohol. Hanya ada satu minuman yang menggunakan alkohol di Moven Coffee, yaitu Kopi Susu Baileys.

Setiap minuman yang disajikan di Moven Coffee disajikan segar, artinya minuman langsung dibuat ketika pesanan diterima. Cinnamon roll dan juga beberapa sajian camilan seperti cookies, mini sponge cake, mini brownies dan donat diproduksi setiap harinya dan disajikan segar di Moven Coffee.

Bentuk Adaptasi Café dan Coffee Shop di Tengah Pandemi

“Ketika masa PSBB beberapa waktu lalu, kami berpikir apa yang bisa orang simpan di rumah dan bertahan cukup lama. Dari sinilah kami memutuskan untuk menjual minuman kami dengan takaran yang banyak,” Deffy menjelaskan tentang alasan menjual minuman dengan kemasan 1 liter dan 500 ml.

Dengan minuman ukuran 1 liter atau 500 ml, konsumen Moven Coffee dapat menikmati varian minuman tersebut dalam jumlah yang banyak dan dapat disimpan di dalam kulkas. Varian minuman 1 liter dan 500 ml Moven Coffee dapat bertahan selama 5 hari di dalam chiller.

Minuman kemasan 1 liter Moven Coffee dikemas dalam kemasan yang unik, yaitu dalam bentuk jerigen. Sementara untuk minuman kemasan 500 ml dikemas dalam botol. Moven Coffee juga sangat memperhatikan kebersihan kemasan minuman tersebut. Deffy menjelaskan bahwa kemasan tersebut melalui proses sterilisasi sebelum dimasukkan minuman ke dalamnya. Moven Coffee memiliki mesin sterilisasi untuk kemasan tersebut sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan kebersihan minuman tersebut.

Kopi kemasan 1 liter cukup populer di kalangan konsumen maupun pelaku usaha café dan coffee shop selama beberapa bulan ini. Menurut Deffy, kopi kemasan 1 liter merupakan sebuah cara adaptasi pelaku usaha café atau coffee shop dalam beroperasi selama pandemi ini, khususnya selama masa pembatasan sosial dan pembatasan fisik. Dan jika situasi sudah kembali normal, Deffy mengatakan bahwa kemungkinan konsumen akan kembali membeli minuman dengan kemasan yang biasa (cup).

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply