Emilio, Membuat dan Menyajikan Avocado Coffee

Avocado coffee yang disajikan di Stribe Kitchen & Coffee adalah salah satu menu minuman best seller yang menjadi minuman favorit para pengunjung. Emilio, salah satu pemilik Stribe Kitchen & Coffee, menuturkan bahwa avocado coffee dibuat untuk mengangkat richness dari alpukat dan ketika dicampurkan dengan rasa pahit dari kopi akan berimbang.

Emilio

Menurut Emilio, avocado coffee dulunya adalah menu yang biasa disajikan di kedai kopi biasa, namun sekarang sudah disajikan di high end cafĂ© dan menjadi menu yang sering dicari orang-orang. Pada BARECA Magazine edisi Maret 2019 ini, Emilio memberikan tips dalam membuat avocado coffee, berikut penjelasannya:    

  • Alpukat jenis apapun dapat dijadikan avocado coffee, tapi lebih baik menggunakan alpukat mentega. Alpukat mentega memiliki rasa yang lebih lembut dan creamy dibandingkan jenis yang lainnya.
  • Pemilihan jenis alpukat akan sangat berpengaruh pada hasil akhir minuman. Alpukat masih mentah memberi rasa pahit dan beberapa jenis alpukat yang sudah matang juga terasa pahit ketika di-blend.
  • Kondimen yang bisa ditambahkan pada avocado coffee adalah ovaltine, milo, ataupun susu kental manis (cokelat dan biasa).
  • Untuk 1 serving avocado coffee disajikan dengan 1 shot espresso, sementara untuk kondimen seperti bubuk milo adalah sekitar 2 sendok teh atau 1 sendok makan.
  • Meskipun Stribe Kitchen & Coffee menggunakan espresso yang diseduh dari campuran biji kopi Guatemala dan Jawa untuk membuat avocado coffee, namun kopi yang digunakan tidak harus berasal dari biji kopi yang mahal. Kopi instan juga dapat digabungkan dengan alpukat. Pada dasarnya kopi yang digunakan hanya sedikit dan akan tercampur dengan alpukat, maka rasa kopi tidak begitu memengaruhi. 

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply