Freshly Made Boba dari Xing Fu Tang

BARECA berkunjung ke gerai Xing Fu Tang di Neo Soho untuk melihat secara langsung proses pembuatan brown sugar boba dari bahan baku mentah menjadi minuman khas Xing Fu Tang. Setiap gerai Xing Fu Tang mengusung konsep open kitchen di mana para pelanggan yang datang dapat melihat secara langsung bagaimana boba dan pembuatan minuman yang ada di Xing Fu Tang.

Pada dasarnya boba atau tapioca pearls dibuat dari 3 bahan dasar yaitu tepung tapioka, gula, dan air. Untuk membuatnya, ketiga bahan tersebut diaduk menjadi satu adonan, menggunakan mixer. Lalu, adonan dipipihkan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan dan dimasukkan ke dalam mesin cutter untuk dibentuk kecil-kecil.

Boba yang telah dibentuk akan direbus dan di-stir fry dengan brown sugar di atas wok. Proses stir fry ini memberikan hasil boba yang berbeda dari boba pada umumnya. Terakhir, boba ini dimasukkan ke dalam gelas untuk dibuat minuman sesuai dengan pesanan pelanggan (untuk penjelasan lengkapnya dapat dilihat di channel YouTube Bareca Media).

Hampir seluruh bahan seperti tepung tapioka, brown sugar (Okinawa brown sugar), dan teh, serta beberapa alat seperti mesin cutter dan wok yang digunakan di seluruh gerai Xing Fu Tang Indonesia berasal dari Taiwan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas minuman agar setara dengan sumbernya yaitu Xing Fu Tang di Taiwan.

Satu bahan Xing Fu Tang yang menggunakan produk lokal adalah susu, dan untuk seluruh gerai Xing Fu Tang di Indonesia, susu yang digunakan adalah susu yang diproduksi di Lampung. Menurut Vito, setelah melewati proses pemilihan bahan yang panjang akhirnya PT Pelepas Dahaga Indonesia memilih susu dari Lampung karena rasa susunya yang cocok dipadukan dengan rasa brown sugar boba.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply