GELATO VS ICE CREAM, Mana yang Jadi Favoritmu?

GELATO VS ICE CREAM

Bukan cuma anak-anak yang suka es krim, orang dewasa pun suka es krim. Betul gak Sobat BARECA? Nah, Sobat BARECA pernah perhatiin gak kalau ada yang namanya ice cream dan ada yang namanya gelato. Wah apa ya perbedaan diantara keduanya?

Perbedaan gelato dengan ice cream terletak pada bahan bakunya. Dalam membuat gelato, bahan utamanya yaitu susu. Krim juga digunakan, namun dalam jumlah sedikit. Sedangkan, untuk membuat ice cream, bahan utamanya adalah krim. Oleh sebab itu, kadar lemak gelato jauh lebih rendah (4% – 8%) dibandingkan dengan ice cream (10%-18%).

Gelato juga mempunyai tekstur yang lebih legit dari ice cream. Kelegitan tekstur didapatkan dari pemakaian rasio pengemulsi yang berbeda antara gelato & ice cream. Tekstur yang berbeda juga disebabkan kandungan udara yang lebih tinggi (high overrun) di ice cream dari pada di gelato (low overrun).

GELATO VS SORBET

Kalau Sobat BARECA ke store gelato, pasti pernah melihat yang namanya sorbet. Apa ya perbedaan antara gelato sama sorbet?

Di Italia, arti gelato secara umum, adalah ‘frozen’. Tetapi, jika arahnya mengacu kepada frozen desserts, maka arti gelato di Italia adalah ‘ice cream’.

Namun, terdapat perbedaan antara gelato dan ice cream, terutama pada komposisi bahan baku, dan kadar butterfat pada gelato lebih rendah dari ice cream.

Sorbet adalah water-based gelato, yang dibuat dengan aneka buah berkadar air tinggi seperti lemon, jeruk, anggur dan sebagainya.

Leave a Reply