Gong Fu cha Ceremony di Kedai Teh Teatorial

Kedai Teh Teatorial menyajikan Gong Fu Cha Ceremony kepada konsumen yang ingin melihat proses penyajian Chinese tea yang diperagakan secara langsung. Farid mengatakan Gong Fu Cha Ceremony merupakan bentuk apresiasi sang tuan rumah kepada tamu yang datang. Daun teh yang disajikan kepada tamu umumnya adalah teh-teh pilihan dengan mutu terbaik.

Farid memperlihatkan proses penyeduhan teh Milan Xiang Dan Chong dengan cara Gong Fu Cha ke BARECA. Sambil memperagarakan, Farid juga menjelaskan cara dan proses penyeduhannya.

Pertama, alat-alat dibersihkan dahulu dengan air panas (suhu 90⁰C). Kedua, daun teh dituang ke dalam gai wan, yaitu sejenis gelas atau teko yang berfungsi sebagai tempat penyeduhan teh. Lalu air panas dituang sedikit ke dalam gai wan guna membersihkan debu yang menempel pada daun teh dan kemudian airnya dibuang. Ketiga, air dituangkan lagi ke dalam gai wan sebanyak 150 ml kemudian didiamkan selama 20 detik.  Lalu, teh disaring dan dituang ke dalam cha hai yang kemudian dituang lagi ke dalam cawan dan tamu dipersilahkan minum oleh tuan rumah.

Awal Mula Menyukai Teh

Sejak kecil, Farid memang sudah menyukai teh karena keluarganya pun membiasakan dirinya untuk minum teh. Namun, kesukaan pada teh ini mulai berkembang sejak tahun 2009 di mana Farid mulai mencoba mengumpulkan berbagai jenis teh Indonesia khususnya yang beredar di pasar dan di supermarket.

Di tahun 2010, Farid tidak sengaja bergabung dalam sebuah komunitas pecinta teh di media sosial. Farid berkenalan dengan seorang pakar teh yaitu Bambang Laresolo (pemilik Kedai Teh Laresolo) dan diperkenalkan untuk pertama kalinya dengan white tea dari Ciwidey, Jawa Barat.

“Dari situ muncul kesan untuk saya bahwa ternyata ada teh yang unik, white tea yang berkualitas dan diseduh dengan metode Gong Fu Cha,” Farid menceritakan ketertarikannya pada teh.

Dari hal inilah yang membuat Farid memiliki mimpi untuk mendirikan sebuah kedai teh dengan konsep utama yaitu mengedukasi masyarakat bahwa Indonesia memiliki berbagai macam jenis teh yang berkualitas. Menurut Farid, teh asal Indonesia mempunyai potensi yang besar, kualitasnya tidak kalah dari negara-negara penghasil teh seperti Tiongkok, India, Sri Lanka, Jepang, dan lainnya.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply