Green And Beans, Berawal dari Kegemaran Konsumsi Sayuran

BARECA kembali berdiskusi dengan pemilik dan pendiri dari Mom’s Bakery yang pernah tampil di BARECA edisi Mei 2020 lalu, yaitu Anna dan Patrick, yang juga mendirikan cafe Green and Beans pada 26 Desember 2017 di Bandung.

Filosofi Pendirian Usaha

Awal dari berdirinya Green and Beans juga berawal dari pengalaman pribadi Anna dan keluarganya yang gemar menyantap sayuran. “Setiap kali makan selalu harus ada sayuran. Saya dan keluarga juga senang mencicipi berbagai sayuran yang berbeda-beda setiap harinya,” Anna menyampaikan.

Anna mengatakan, bahwa melalui Green and Beans, ingin agar masyarakat yang sudah sadar kesehatan dapat menikmati berbagai rupa olahan makanan dan minuman yang sehat dan nikmat. “Green and Beans menyajikan menu sehat yang memiliki banyak sayur, buah dan tanpa penambahan MSG (monosodium glutamate-Red),” Anna menuturkan.

Oleh karena itu, munculah tag line milik Green and Beans yaitu “eat clean, eat green”. Anna menjelaskan melalui tag line tersebut, Green and Beans diciptakan dengan misi untuk mengolah berbagai macam buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran sehat yang tidak disemprotkan pestisida. Selain itu, metode pengolahan yang dilakukan juga dijalankan dengan proses yang bersih dan sehat demi mempertahankan kandungan gizi pada bahan bakunya secara maksimal.

Dengan tema dan konsep café yang mengutamakan kesehatan, dengan sendirinya membentuk pangsa pasar yang dituju, yaitu konsumen yang sudah atau mulai sadar mengenai kesehatan.

Menu-Menu Unggulan

Menu yang dihadirkan di Green and Bean beraneka ragam dengan aneka pilihan salad dengan berbagai salad dressing, warm grain bowl, spaghetti pasta, shirataki gluten free pasta, smoothie, cold pressed juice, dan juga berbagai menu ultimate jamu. Varian menu tersebut biasanya akan ditambahkan dengan seasonal menu menyesuaikan dengan hari-hari perayaan yang ada seperti Idul Fitri, Imlek, dan Natal.

Dari berbagai menu yang dihadirkan, ada pula beberapa menu yang menjadi best seller  dan signature dari Green and Beans, seperti Vietnamese Salad untuk kategori menu salad, Tempeh Buddha bowl untuk kategori menu warm grain bowl, Bye-bye Doctor untuk kategori menu cold pressed juice, dan Pikachu untuk kategori menu jamu.

Pitaya Pump Up & Kale Smoothie

Smoothie adalah minuman sehat dengan campuran dari bermacam buah-buahan atau sayur yang disatukan menggunakan blender. Pada smoothie dapat ditambahkan material lain selain buah, misalnya yoghurt, air, coconut water, atau pemanis alami seperti madu .  Minuman ini selain sehat juga kaya serat karena seluruh bagian buah/sayur ada di hasil akhir sehingga tidak ada serat yang terbuang.

Salah satu menu best seller ialah Pitaya Pump Up yang merupakan smoothie dengan perpaduan antara buah naga, mixed berries, pisang, dan coconut yoghurt. Buah naga yang merupakan bintang utama dari Pitaya Pump Up mengandung berbagai mineral dan juga kaya akan vitamin C dan B. Bergabung dengan superfood mixed berries, pisang, dan coconut yoghurt yang kaya akan probiotik dapat meningkatkan kadar antioksidan dan banyak manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh.

Selain Pitaya Pump Up, ada pula Kale Smoothie yang memadukan organic kale dengan kurma, nanas, dan daun mint. Anna menjelaskan bahwa kale dijuluki sebagai king of vegetable karena memiliki nutrisi dan manfaat bagi kesehatan paling tinggi di antara berbagai macam sayuran lainnya.

Proses pembuatan smoothie dilakukan dengan memasukkan seluruh buah ke dalam blender dan ditambahkan dengan bahan pendukung lainnya seperti yoghurt, madu, dan buah pisang sehingga tekstur yang dihasilkan kental dan creamy.

Penulis: Maria Benita A.

Fotographer: Dok. Green and Beans

Leave a Reply