High Style Hotpot, Sajikan Chongqing Old Style Traditional Hot Pot

Hot pot, sajian makanan yang direbus merupakan teknik memasak dari Tiongkok. Di Indonesia, hot pot memiliki cukup banyak peminat, hal ini ditandai dengan munculnya beragam restoran hot pot yang masing-masing hadir dengan ciri khasnya tersendiri. 

Salah satu restoran hot pot di pesisir utara Jakarta, High Style Hotpot menyajikan Chongqing old style traditional hot pot dengan cita rasanya yang sangat autentik. “Di Chongqing dan Hong Kong, sudah ada 70 cabang. Di Indonesia, Pak Rudy Salim, selaku pemilk, telah membuka gerai di Pantai Indah Kapuk yang dibuka sejak tahun 2018 dan juga di Senopati yang baru saja dibuka pada akhir Juli 2020 lalu,” Rio Michael, Direktur Operasional High Style Hotpot, mengawali pembahasan dengan BARECA.

High Style Hotpot di Pantai Indah Kapuk menyajikan menu a la carte hot pot serta memiliki menu daging non halal. Lain halnya dengan High Style Hotpot yang ada di Senopati dimana menu yang disajikan merupakan All You Can Eat dengan menu daging halal dan menggunakan single pot.

Di tengah pandemi Covid-19 dan penanganannya, dan tamu dapat mengambil sendiri menu yang diinginkan, High Style Hotpot tetap menerapkan konsep self service dengan syarat tamu harus mengenakan masker dan menggunakan sarung tangan saat mengambil bahan isian hot pot.

Dengan gayanya yang menyasar pada kaum milenial, menu makanan di High Style Hotpot Senopati menggunakan teknologi scan barcode dan cashless. Konsep interiornya pun dihadirkan lebih modern dan mengusung tema go green.                                                                                       

Menikmati Hot Pot        

Menurut Chef Vincen Apriliano, Executive Chef High Style Hotpot, di Tiongkok sendiri umumnya kuah hot pot hanya digunakan sebagai rebusan, tidak untuk diminum. Namun, di Indonesia orang-orang cenderung menikmati hot pot dengan ikut mengonsumsi kuah rebusannya juga.

“Sebaiknya daging yang akan direbus cukup dicelup selama 8 detik lalu siap dinikmati bersama dengan saus pelengkapnya. Untuk daging sapi dan ayam dicelup lebih dari 8 detik hingga daging berubah warna,” Chef Vincen menuturkan.

Aneka bakso, sayuran, jamur sebaiknya direbus sebentar saja supaya nutrisinya tidak hilang. “Untuk jenis pangsit, direbus lebih lama sedikit karena memiliki kulit yang sedikit tebal,” Vincen menambahkan.

Chinese Hotpot yang identik dengan mala, rasa pedas, kuah berminyak dan mengandung minyak wijen sangat tepat dinikmati dengan saos pelengkap. Di High Style Hotpot, Anda dapat menikmati saus spesial a la High Style Hotpot yang sensasi rasanya pedas, manis dan gurih karena dilengkapi dengan daun wansui, jahe, bawang putih, saus tiram, dan sambal terasi.     

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

 

Leave a Reply